Apa yang Dimaksud dengan ‘Codec’? Mengapa Saya Butuh Codec?

“Codec” adalah nama teknis untuk “compression/decompression”. Istilah codec juga berarti “code/decode” dan “compressor/decompressor”.

Semua arti dari 3 variasi di atas merujuk pada satu hal: codec adalah sebuah program komputer yang berguna untuk memperkecil file multimedia yang besar sekaligus membuat file tersebut dapat dimainkan di komputer. Program codec dibutuhkan oleh media player untuk memutar musik dan video yang Anda u***h dari internet.

Kenapa saya butuh codec?

Karena file vide dan musik berukuran besar, sehingga sulit untuk ditransfer melalui jaringan internet dengan cepat. Untuk mempercepat pengunduhan, sebuah ‘codec’ matematis dibuat untuk meng-encode (memperkecil) satu sinyal untuk pengiriman dan kemudian di-decode kembali (dimekarkan) untuk dapat memutar, melihat atau mengeditnya kembali file file tersebut. Tanpa adanya codec, proses d******d dapat memakan waktu 3 – 5 kali lebih lama dari yang biasa Anda lakukan saat ini.

Apakah cukup hanya satu code yang saya perlukan?

 

Sayang sekali, ada ratusan codec digunakan di internet, dan Anda butuh kombinasi dari banyak codec untuk memutar file spesifik yang Anda miliki.

Ada codec yang khusus kompresi audio dan video, ada codec untuk streaming di internet, untuk konferensi video, memutar mp3, percakapan atau screen capture.

Lebih memusingkannya lagi, beberapa orang yang berbagi file di internet memilih untuk menggunakan codec yang sangat jarang digunakan atau codec yang tidak jelas untuk memperkecil file mereka. Ini tentu saja cukp membuat frustasi orang yang mengunduh file tersebut karena tidak tahu codec mana yang diperlukan untuk memainkan file tersebut. Jika anda seorang yang rajin mengunduh file dari internet, mungkin Anda butuh 10 – 20 codec berbeda untuk memainkan seluruh file musik dan video yang Anda punyai.

Codec apa yang paling umum digunakan?

Beberapa contoh codec adalah MP3, WMA, RealVideo, RealAudio, DivX dan XviD. Dan masih banyak lagi codec-codec lain yang kurang begitu populer.

Apakah ‘.AVI’ adalah sebuah codec?

AVI pada dasarnya, bukan lah sebuah codec, melainkan sebuah format umum di mana banyak codec berbeda dapat menggunakannya. Karena ada ratusan codec yang kompatibel dengan konten AVI, maka dapat sedikit membingungkan codec mana yang Anda butuhkan untuk memutar file video Anda.

Bagaimana saya tahu codec mana yang perlu diunduh dan di-install?

Media Player Windows akan memberitahu Anda 4 karakter kode dari codec tertentu yang ia butuhkan. Catatlah kode tersebut, lalu kunjungi http://www.fourcc.org/fcccodec.htm untuk mengetahui codec yang sesuai.

Code apa yang mesti saya u***h dan pasang di komputer?

Tidak ada jawaban tunggal untuk pertanyaan ini. Ada begitu banyak pilihan codec tersedia. Opsi paling mudah adalah dengan mengunduh “codec pack”, yaitu satu koleksi dari banyak codec yang disatukan dalam satu file yang cukup besar.

Memang bisa diperdebatkan, apakah perlu menggunakan sekumpulan file codec yang besar, karena bisa jadi tidak semua codec Anda butuhkan. Namun ini adalah cara termudah dan praktis bagi kebanyakan orang. Berikut codec pack yang saya rekomendasikan:

XP Codec Pack

XP Codec Pack adalah paket codec yang cukup kecil, lengkap dan bebas dari spyware atau adware.

Saat ini XP Codec Pack hanya berukuran 28MB, namun merupakan salah satu koleksi codec terlengkap yang Anda butuhkan untuk memainkan semua format video dan audio yang paling umum.

K-Lite Codec Pack

Codec pack yang sangat user-friendly dan telah diuji coba dengan baik, tak heran menjadi salah satu paket codec paling banyak dipilih pengguna.

K-Lite Codec Pack memiliki 4 varian: Basic, Standard, Full dan Mega. Bila yang Anda perlukan hanya untuk dapat memutar format DivX dan XviD, varian Basic sudah mencukupi.

Varian Basic, mungkin juga adalah paket yang paling populer dan sudah memenuhi kebutuhan pengguna untuk memutar format file populer. Paket Full, ditujukan kepada pengguna super yang membutuhkan lebih banyak codec plus support untuk proses encoding.

K-Lite Mega Codec Pack

Ini adalah versi paling lengkap dari K-Lite Codec. Berisi semua apapun dalam urusan codec. Bahkan versi Mega juga memiliki codec QuickTime Alternative dan Real Alternative.