Apa Itu CPU?

Jika berurusan dengan komputer, pasti sering terdengar kata CPU. Lalu apa itu CPU?

CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit, yang bertanggung dalam menginterpretasi dan mengeksekusi hampir semua perintah dari perangkat keras komputer lain atau pun perangkat lunak.

CPU bisa dianggap sebagai “otaknya komputer”.

Beberapa istilah lain yang mengacu pada CPU di antaranya:

  • Processor
  • Computer processor
  • Microprocessor
  • Centra processor, dan ya….
  • Otaknya komputer

Pabrikan CPU terkemuka saat ini adalah Intel dan AMD.

Yang perlu diperhatikan, bahwa tidak semua CPU memiliki pin di bagian bawahnya, tapi unit yang memiliki pin harus diperlakukan dengan sangat hati-hati saat memasangnya ke motherboard, karena pin sangat mudah bengkok atau pun patah.

Beberapa fakta tentang CPU

Setiap motherboard, hanya mendukung salah satu jenis CPU saja. Karena itu selalu periksa tipe dan pabrikan motherboard sebelum Anda membelinya.

CPU modern terkini, biasanya berukuran kecil dengan banyak konektor bulat yang terbuat dari logam di bagian bawahnya. Beberapa CPU yang lebih tua, masih menggunakan pin.

CPU dipasang langsung pada soket CPU (atau kadang disebut ‘slot’) pada motherboard. Setelah terpasang di dalam soket, ada tuas kecil untuk mengencangkannya agar posisi CPU tidak berubah.

Segera setalah CPU ‘bekerja’, ia akan cepat menjadi panas dan untuk mengatasinya maka perlu dipasang kipas pendingin tepat di atasnya. Biasanya sudah termasuk dalam paket pembelian CPU. Anda juga membeli kipas pendingin terpisah yang dengan kualitas yang lebih baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here