Apa itu Feedback dan Cara Mengatasinya

Feedback (umpan balik) adalah suara melengking keras yang terjadi ketika suara alat-alat musik Anda bertabrakan dengan suara yang dihasilkannya sendiri. Selain terdengar sangat keras, ia juga bisa merusak speaker (juga telinga) Anda.

Hal terjadi ketika, suara dari sumber yang keluar dari amplifier masuk kembali (diumpan balik) ke input, menyebabkan penguatan (amplifying) berulang. Lebih sering ini terjadi saat suara dari speaker atau dari monitor ditangkap kembali oleh input mikrofon.

Cari paling mudah mengatasinya adalah dengan menggeser mic lebih jauh dari speaker, karena fenomena ini amat ditentukan oleh jarak antara mic dan speaker.

Pilihan lainnya, adalah dengan mengatur ulang posisi semuanya, sehingga speaker atau monitor studio Anda tidak mengarah ke mikrofon atau area sensitif yang bisa ditangkap oleh mikrofon tersebut.

Beberapa pre-amps gitar, ada yang memiliki apa yang disebut notch filter, yang dapat diatur sedemikian rupa untuk mengurangi terjadinya feedback. Namun ini biasanya lebih khusus untuk tujuan live performance, jadi tidak relevan dengan kebutuhan kita di studio.

Suara feedback, sangat-sangat mengganggu dan merusak ‘suasana’, karena itu Anda perlu mengatur semua peralatan musik untuk menghindari terjadinya feedback.

Ingat saja satu hal: jangan membuat suara yang dikeluarkan speaker ditangkap dan masuk kembali ke sinyal input.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here