Apa yang Dimaksud Iklan Kontekstual?

Iklan kontekstual atau contextual advertising, adalah iklan yang ditampilkan berdasarkan konteks dari halaman yang dilihat. Ini adalah salah satu jenis periklanan berbasis web yang secara otomatis memilih dan menampilkan iklan berdasarkan konteks dari halaman di mana iklan tersebut ditampilkan.

Iklan jenis ini muncul baik dalam bentuk teks, maupun iklan gambar/media. Iklan kontekstual bisa muncul pada sebagai iklan banner di sidebar, di dalam konten atau artikel, bahkan dalam bentuk link pada artikel. Terkadang juga tampil sebagai iklan pop-up.

Salah satu contoh dari iklan kontekstual misalnya adalah iklan mobil pada situs otomotif. Berdasarkan konteks dari halaman (dan seluruh website), sistem iklan akan menentukan iklan mana yang paling relevan terhadap konten web. Ini pada akhirnya meningkatkan keterlibatan pembaca terhadap iklan, yang sama-sama menguntungkan baik pengiklan (advertiser) maupun penayang (publisher).

Penyedia layanan iklan kontekstual

Bicara iklan kontekstual, ada 3 pemain utama dalam industri yang telah dikenal secara luas, yaitu:

1. Google
Google Adsense untuk penayang dan Google AdWords untuk pengiklan.

2. Chitika
Cara kerja dan konsepnya sama dengan Google Adsense, tapi lebih mudah untuk menjadi penayang. Potensi penghasilan masih lebih rendah dibanding Adsense.

3. Media.net
Kerjasama antara Yahoo dan Bing, menjanjikan performa tinggi baik bagi publisher maupun pengiklan.

Selain ketiga pemain periklanan kontekstual di atas, masih banyak lagi lainnya. Namun dari semuanya, Google Adsense masih menjadi primadona bagi seluruh blogger untuk menghasilkan uang dari blog.

Mengapa iklan kontekstual bekerja dengan baik?

Iklan kontekstual bisa bekerja dengan efektif adalah karena, alih-alih menampilkan iklan secara acak, yang mungkin adalah iklan yang tidak relevan bagi pembaca blog, ia mampu mengenali konten blog lalu menampilkan iklan yang relevan.

Nah, masalah relevansi ini lah yang membuat iklan kontekstual bekerja secara efektif.

Misalnya, dengan menampilkan iklan mobil terbaru dari pabrikan A pada sebuah halaman yang membahas tentang mobil dengan spesfikasi tertentu, bukan saja meningkatkan peluang iklan tersebut diklik, namun juga meningkatkan peluang pembaca melakukan hal lainnya, seperti berlangganan newsletter dan sebagainya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here