Apa yang Dimaksud Phantom Power?

Apalagi ini? Dari namanya, mungkin kita jadi berpikir yang aneh-aneh.

Tapi tenang, meski namanya phantom power, ini sama sekali tidak berhubungan dengan dunia supranatural atau sesuatu yang eksotis, melainkan hanyalah sumber energi listrik (power supply) eksternal yang dibutuhkan oleh kapasitor yang ada di dalam mic condenser.

Power supply ini dipasok oleh mic-preamps yang ada pada audio interface atau konsol mixer yang Anda miliki dan disalurkan melalui kabel XLR.

Oke, mudahnya: phantom power adalah sesuatu yang Anda butuhkan bila ingin menggunakan mic condenser. Lihat skema di bawah ini:

Meskipun ada perangkat khusus sebagai pemasuk tenaga phantom ke mic condenser, untungnya saat ini hampir semua audio interface atau pun mixer telah memilikinya, jadi Anda tidak perlu lagi repot-repot menyediakan perangkat terpisah.

Bagi Anda menggunakan soundcard PCI internal, tentu saja Anda butuh perangkat phantom power terpisah.

Namun mesti diperhatikan, seringkali phantom power diaktifkan sekaligus dengan satu switch untuk setiap pre-amps, meskipun ada model yang memiliki kontrol input mana saja yang ingin diaktifkan phantom power-nya.

Ini penting karena jika Anda menggunakan mic dynamic, maka Anda sama sekali tidak butuh phantom power, bahkan dapat merusaknya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here