Apakah Berbahaya Terbang dengan Pesawat?

Bagi saya, terbang bukan pengalaman yang unik tapi suatu kebutuhan yang tak terelakkan, dan meskipun ada beberapa tragedi kecelakaan pesawat yang datang bertubi-tubi baru-baru ini, itu tidak menyurutkan niat untuk tetap terbang dengan pesawat.

Hal yang paling menakutkan buat aku ketika naik pesawat, adalah saat pesawat bersiap lepas landas dan mendarat, lebih-lebih saat pendaratan.

Insiden pesawat gagal mendarat, seperti tergelincir, sudah sering terjadi di banyak bandara. Selain itu, dulu pendaratan pesawat adalah proses yang paling menantang karena tingkat kesalahan lebih tinggi disebabkan faktor cuaca dan lainnya, tapi sekarang masalah ini sudah bisa teratasi dengan baik berkat kehadiran teknologi baru.

Lalu, Apakah aman terbang dengan pesawat terbang?

Data menunjukkan bahwa tingkat keselamatan transportasi udara adalah lebih baik, atau sangat aman dibanding alat transportasi massal lainnya. Jadi bagi Anda yang akan bepergian dengan pesawat, tidak perlu takut.

Kenapa? Karena ada begitu banyak orang yang memasang mata dan telinga di darat dan udara guna memantau setiap pergerakan pesawat yang Anda tumpangi sampai ke tujuan dengan selamat.

Perlu Anda tahu bahwa sebenarnya tingkat keamanan pesawat sangat tinggi. Meski beberapa tragedi kecelakaan pesawat pernah terjadi, di antaranya yakni sebuah pesawat menghilang entah kemana bersama 298 penumpang, termasuk awak pesawat. Atas insiden ini, ratusan orang harus kehilangan orang yang mereka kasihi.

Pesawat yang menghilang selama penerbangan itu telah melibatkan banyak negara untuk mencarinya di seluruh dunia dan menghabiskan uang puluhan triliun rupiah, tapi tidak berhasil.

Tragedi kecelakaan pesawat lainnya, bukan karena kelalaian pilot, yakni pesawat ditembak jatuh rudal di wilayah konflik. Sungguh ironis sebab mereka yang tewas adalah warga sipil. Insiden memilukan itu menewaskan 283 penumpang dan 15 awak kabin dari berbagai negara.

Masih ada banyak insiden pesawat mengalami kecelakaan lain yang tak mungkin disebutkan satu persatu di sini.

Jadi kembali lagi ke pertanyaan: Apakah aman untuk bepergian dengan pesawat terbang?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita bisa kembali melihat data dan angka. Sejauh tahun ini, memang ada beberapa pesawat mengalami insiden kecelakaan, tapi itu jauh lebih sedikit dibandingkan tingkat kecelakaan moda transportasi lainnya.

Selain itu, tidak ada industri transportasi lain yang paling intensif dipantau dan dikendalikan oleh teknologi tinggi, selain dunia penerbangan.

Sudahkah Anda yakin kalau bepergian dengan pesawat adalah aman?

Sebagai tambahan, perlu Anda tahu bahwa selama enam dekade terakhir, telah ada kemajuan yang luar biasa dalam pengembangan desain dan mesin pesawat menjadi lebih baik dan lebih aman tentunya.