Apakah Hal-hal Fisik Mempengaruhi Kesehatan Mental

Entah hanya berjalan cepat beberapa menit, atau pun pergi ke pusat kebugaran yang lebih serius, yang jelas pada saat Anda berolahraga atau aktif secara fisik, tubuh

Gee John

pengaruh hal fisik terhadap kesehatan mental

Entah hanya berjalan cepat beberapa menit, atau pun pergi ke pusat kebugaran yang lebih serius, yang jelas pada saat Anda berolahraga atau aktif secara , tubuh akan mengeluarkan hormon endorphin, lalu Anda merasa diri menjadi lebih baik dan lebih nyaman.

Jelas, bahwa kegiatan fisik sangat berperan untuk . Karena pada dasarnya, fisik dan mental adalah satu kesatuan. Jika yang satu baik, maka yang lain cenderung akan ikut baik. Sebaliknya jika yang satu buruk, maka akan mempengaruhi pula yang lainnya.

Oleh karena itu, pola hidup sehat secara jasmani, merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya gangguan mental.

Jika Anda mengalami kecemasan, gelisah, atau perasaan takut yang tidak beralasan, serta gejala gangguan mental lainnya, coba mulailah untuk lebih aktif secara fisik. Anda akan merasakan manfaatnya yang besar.

Usahakanlah dengan kesadaran penuh untuk melihat sisi positif dibandingkan sisi negatif terhadap orang-orang atau situasi tertentu.

Kepribadian dan pikiran yang negatif akan terlihat jelas dari cara dan pola perilaku Anda di mata orang lain. Hal ini, justru dapat memperburuk keadaan. Orang lain akan mendukung, serta memberi respon positif pula jika Anda memperlihatkan perilaku positif.

Dari segi fisik, makanan seimbang dan diet yang sehat, termasuk minum air yang banyak, dapat memastikan Anda tetap sehat, serta mencegah penumpukan zat-zat sisa di dalam tubuh.

Hindarilah alkohol, kurangi konsumsi gula, dan perbanyak konsumsi makanan segar. Menjadi sehat dan bugar, adalah awal yang sangat baik untuk merasa lebih baik secara mental.

Jangan abaikan pula masalah tidur. Tidur yang terganggu, terputus-putus dapat  menambah kelelahan fisik, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi seluruh bagian tubuh dan pikiran Anda. Mendapatkan tidur berkualitas di malam hari, memang terkadang tidak semudah diucapkan. Ada banyak hal yang menyebabkan Anda sulit terlelap.

Teknik relaksasi dalam hal ini dapat membantu. Atau lebih mudahnya, cobalah tingkatkan kegiatan fisik Anda dengan berolahraga lebih intensif. Hal ini dapat membuat tubuh Anda cukup penat, sehingga mempermudah Anda tidur dengan nyenyak, dan bangun dengan keadaan segar bugar.

Pastikan Anda cukup mendapat asupan vitamin. Jika Anda ragu, konsultasilah dengan dokter atau tenaga kesehatan lainnya.

Perubahan memang tidaklah terjadi dalam semalam, apalagi jika berkaitan dengan kebiasaan dan perilaku hidup sehat. Namun, jika Anda berkomitmen untuk melakukannya, rasanya tidaklah akan terlalu lama sampai Anda merasakan perbedaan. Orang di sekitar Anda pun akan pula ikut melihat perbedaan tersebut. Anda akan merasa lebih sehat, sehat secara fisik, sehat pula secara mental.

Salam.

Related Post