Apakah Nama Domain Berpengaruh pada Hasil Pencarian?

Faktor domain sebuah situs pada hasil pencarian Google  –Mungkin judul di atas sering kita lontarkan ketika kita mencari ide untuk nama situs yang akan kita bangun. Tentunya kita menginginkan sebuah nama domain yang menggambarkan situs yang kita miliki dan juga mudah ditelusuri oleh para pengunjung web.

Oleh karena itu, erudisi.com mencoba merangkum beberapa pendapat ahli SEO situs-situs terkenal yang membahas tentang optimasi mesin pencarian Google dilihat dari faktor nama domain. Kenapa faktor tersebut menjadi penting dari sudut pandang optimasi? Mari kita lihat ulasan erudisi berikut ini.

Beberapa diantara sudah dikonfirmasi langsung oleh Spam Head Google Matt Cutts, sisanya masih dalam perdebatan para ahli dan selebihnya merupakan spekulasi sangat dini yang membutuhkan analisa lebih lanjut.

1. Umur Domain

Sebenarnya umur domain ini mengacu kepada seberapa serius sebuah situs berlayar di dunia maya. Menurut pengalaman sean-si owner dari seo-hacker.com terhadap 2 situsnya, domain dengan umur 7 tahun memiliki peringkat lebih bagus di mesin pencarian dari pada domain umur 3 tahun.

Matt Cutt dalam videonya menjelaskan bahwa tidak ada perbedaaan signifikan antar situs yang berumur 6 bulan dengan situs yang berumur 1 tahun. Tetapi dia tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai domain yang berumur  3 bulan dengan domain yang berumur 5 tahun.

Hasil diskusi di moz.com yang saya baca mengindikasikan bahwa pada tingkat kualitas konten yang sama, hasil pencarian google sering menampilkan sebuah website yang sudah berumur atau sudah lama dikarenakan faktor kepercayaan publik melalui komentar atau link yang diberikan oleh situs lain ke situs tersebut hari demi hari. Sehingga nilai atau value dari website tersebut lebih banyak dari situs yang baru. Sehingga tidak bisa dipastikan secara mutlak bahwa umur domain menentukan peringkat sebuah situs.

2. Kata Kunci Pada Sebuah Domain

Dari beberapa hasil pencarian yang saya amati kata kunci atau keyword yang terkandung pada nama sebuah domain masih mempengaruhi apakah domain tersebut muncul atau tidak pada pencarian. Kita ambil contoh kata kunci misalnya “SEO“. Keyword pada nama domain merupakan salah satu sinyal yang mengindikasikan bahwa situs tersebut membicarakan tentang kata kunci yang diketikkan oleh pengunjung.

Walaupun demikian hal ini tidak serta-merta membuat  situs lain tidak bisa bersaing pada kata kunci tersebut. Banyak juga kita temukan, situs yang tidak terdapat kata seo masih bisa muncul di halaman atas pencarian google karena beberapa faktor penguat lain.

3. Kata Kunci di Awal Domain atau Subdomain.

Pemakaian keyword diawal nama domain atau subdomain berpengaruh terhadap hasil pencarian, tetapi hasilnya bisa saja bervariari tergantung nama kedua setelah kata kunci misalnya kata kunci seo review akan berbeda hasilnya dengan seo tools. Hal ini dikarenakan oleh faktor lain yang berada pada situs tersebut. Tetapi pada umumnya  pemakaian kata kunci ini bisa mendongkrak ranking pencarian.

4. Country Top Level Domain

Pengertian Country TLD adalah situs yang memakai domain untuk target negara tertentu misalnya .id. Pencarian untuk kata kunci oleh visitor dari Indonesia akan didahulukan untuk domain .id di bandingkan dengan .com. Akan tetapi untuk perangkingan atau hasil pencarian secara global, top level domain tanpa fokus geografi akan lebih muncul ke atas.

5. Usia Pendaftaran Domain.

Satu pertanyaan terkait dengan optimasi mesin pencarian yang sering ditanyakan di seluruh forum webmaster adalah seberapa besar usia registrasi domain berdampak pada SEO. Beberapa pendapat usia registrasi bisa jadi merupakan salah satu faktor yang mendukung SEO karena:

  1. Situs mapan biasanya memiliki umur domain lama, dengan logika terbalik sebuah domain dengan registrasi lebihi lama berarti situs tersebut mapan.
  2. Sebuah situs yang dipersiapkan untuk jangka waktu lama biasanya tidak diciptakan untuk tujuan spam atau doorway page karena dapat merugikan pemilik situs apabila dikemudian hari domain tersebut di blacklist oleh search engine karena aktifitas spamnya. Sehingga logis apabila situs spam biasanya terdaftar sebagai domain baru.

Menurut google patent yang dikutip oleh backlink.com :

“Valuable (legitimate) domains are often paid for several years in advance, while doorway (illegitimate) domains rarely are used for more than a year. Therefore, the date when a domain expires in the future can be used as a factor in predicting the legitimacy of a domain.”

Pengamatan saya dari hasil pencarian google, kebanyakan situs terkenal yang muncul di halaman pertama memang mendaftarkan namanya dalam rentang waktu yang lama. Namun apabila domain tersebut:

  1. Didaftarkan dalam waktu lama namun diparkir atau tidak digunakan
  2. Digunakan untuk tujuan tidak sah selama bertahun-tahun dan kemudian dijual ke orang lain/perusahaan tanpa perubahan tanggal pendaftaran awal.

Maka tidak memiliki nilai plus sama sekali malah di khawatirkan dapat berdampak buruk di mata mesin pencarian. jadi pendaftaran usia domain dalam jangka waktu lama juga harus di barengi oleh aktifitas positif dari domain itu sendiri.

6. Public Whois Domain

Informasi tentang kepemilikan domain yang disajikan pada whois bisa berindikasi negatif dalam status private. Artinya informasi private whois bisa memunculkan tanda tanya besar tentang siapa dibalik kepemilikan situs.

Pendapat yang dikemukakan oleh Matt Cutts di Pubcon 2006 :

“…When I checked the whois on them, they all had “whois privacy protection service” on them. That’s relatively unusual. …Having whois privacy turned on isn’t automatically bad, but once you get several of these factors all together, you’re often talking about a very different type of webmaster than the fellow who just has a single site or so.”

Private whois memang tidak berdampak buruk tetapi publik whois domain lebih memberikan sinyal yang baik bahwa domain tersebut tidak menyembunyikan sesuatu dan ingin lebih dikenal.

Anda dapat membuktikan sendiri apakah faktor domain yang tersebut diatas memang sesuai dengan kenyataan ketika melihat hasil pencarian google. Atau mungkin anda punya opini serta pengalaman tersendiri mengenai hal tersebut, silahkan berkomentar dibawah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here