berat badan dan gejala kanker

Beberapa orang mungkin mengalami penurunan berat badan ‘tanpa sebab’, tanpa diet atau pun melakukan olahraga keras. Bagaimanapun ini merupakan hal yang perlu diperhatikan terkait kondisi kesehatan dan perlu dikonsultasikan ke dokter Anda.

Penurunan berat badan tanpa sebab, bisa merupakan gejala dari berbagai kondisi kesehatan, termasuk kanker.

Penurunan berat badan dan kanker

Menurunnya berat badan tanpa disengaja bisa jadi gejala dan tanda dari kanker, meski masih samar dan tidak pasti. Kehilangan berat badan secara tiba-tiba juga bukan merupakan gejala dari salah satu jenis kanker tertentu.

Namun nyatanya, para pengidap kanker kerap kehilangan berat badan karena berbagai sebab dan alasan. Penurunan berat badan tersebut bisa disebabkan oleh kanker itu sendiri, kehilangan nafsu makan, atau karena kondisi emosi atau stres yang dialami dalam menjalani hari-hari dengan mengidap kanker.

Kapan Anda perlu menemui dokter saat mengalami penurunan berat badan?

Secara umum, Anda harus memeriksakan ke dokter jika Anda kehilangan 5% dari bobot tubuh Anda dalam waktu 6 bulan atau kurang, dan itu terjadi tanpa Anda merasa melakukan diet atau olahraga untuk menurunkan berat badan dengan sengaja.

Dokter akan menanyakan beberapa hal untuk mengetahui mengapa Anda kehilangan berat badan. Dokter juga mungkin menanyakan hal-hal mendasar, seperti kapan pertama kalinya Anda kehilangan berat badan dan seberapa banyak penurunannya.

Satu pertanyaan yang mungkin ditanyakan dokter adalah apakah Anda memiliki masalah pada gigi dan mulut, karena biasanya orang yang mengalami masalah pada gigi dan mulut, cenderung makan lebih sedikit atau malas makan untuk menghindari rasa sakit pada gigi dan gusi.

Apakah Anda mengalami diare? Apakah Anda sering muntah-muntah?

Bagaimana dengan kondisi emosi dan psikologi Anda? Apakah baru-baru ini baru saja Anda mengalami perubahan besar dalam hidup Anda?

Apakah Anda makan lebih sedikit, atau makan seperti biasanya?

Apakah Anda merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol?

Adakah gejala lain yang Anda alami?

Juga hal penting untuk memberitahu dokter tentang kondisi kesehatan Anda atau mungkin pengobatan yang sedang Anda jalani, seperti konsumsi obat herbal dan sebagainya.

Itulah beberapa hal atau pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh dokter terkait gejala penurunan berat badan yang Anda alami. Dan tergantung dari respon atau jawaban Anda, dokter mungkin akan menyarankan cek darah atau tes medis lainnya guna memastikan dan menemukan apa sebenarnya terjadi pada tubuh Anda.

Ingat, penurunan berat badan bukan berarti Anda mengidap kanker

Satu hal perlu diingat, bahwa menurunnya berat badan adalah gejala yang sangat umum, tidak spesifik, meski bisa jadi itu sebagai tanda Anda memiliki kanker. Jadi, kehilangan berat badan, sama sekali bukan tanda pasti adanya kanker, tapi merupakan tanda dimana Anda harus menemui dokter untuk memastikan kondisi kesehatan Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here