3 Aplikasi Open Source Terbaik Alternatif Adobe Acrobat (DPF)

File PDF ada di mana-mana saat ini. Ia digunakan seorang desainer untuk mengirimkan porto folio ke calon klien, digunakan untuk dokumen kontrak yang perlu ditandatangani, bahkan PDF sering digunakan untuk sebuah ebook!

Tapi tahukah Anda bagaimana membuat file PDF?

Jika Anda memiliki Adobe Acrobat Reader, maka berarti Anda telah familiar dengan PDF. Tapi jika Anda masih belum tahu bagaimana ia dibuat, berikut adalah tiga software pilihan terbaik sebagai pengganti Adobe Acrobat. Anda bisa mengunduhnya dan memasangnya di komputer Anda.

Tidak perlu bayar, tidak perlu melanggar, semuanya gratis!

LibreOffice

Pilihan pertama adalah LibreOffice, ini sebuah pilihan yang sangat bagus dari sebuah aplikasi open source. LibreOffice adalah projek unggulan di komunitas open source dan ia merupakan alternatif yang sangat hebat untuk menggantikan Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Visio dan Access.

Dan karena ia juga mampu mengimpor dan mengekspor file PDF, maka LibreOffice juga merupakan alternatif dari Adobe Acrobat yang sangat bagus.

LibreOffice tersedia untuk Linux, Windows dan OS X, dan Anda bisa mengunduhnya langsung dari website resmi LibreOffice.

PDFCreator

Tidak seperti LibreOffice, PDF Creator adalah aplikasi yang didesain murni untuk membuat dan berurusan dengan dokumen PDF. Antarmukanya sangat simpel dan terdapat beberapa fitur yang cukup menarik. Seperti misalnya, Anda bisa menambahkan password ke file PDF, mengenkripsi file, mencegah orang mencetak/merubah dokumen dan menambahkan tanda tangan digital, serta bisa menyimpan beragam profil untuk digunakan lagi secara cepat.

PDFCreator adalah software yang berfungsi penuh, namun jika Anda benar-benar akrab dengan PDF, Anda dapat mengunduh pelengkap PDFCreator, seperti PDFArchitect (untuk memodifikasi file PDF) dan Images2PDF (untuk merubah file gambar menjadi PDF).

Satu-satunya kekurangannya, PDFCreator hanya tersedia untuk Microsoft Windows. Tapi jika Anda pengguna Windows, Anda bisa mengunduhnya di halaman d******d resmi mereka.

PDFLite

Terakhir, ada PDFLite, software PDF yang cukup minimalis. Interface-nya sangat simpel, tapi Anda masih bisa mencari, mencetak dan melalukan zoom.

Nah, itulah 3 aplikasi open source sebagai alternatif terbaik untuk urusan dokumen PDF.