Backup Data Posting Blogger

Pernahkah anda melakukan hal ini membackup data posting blog anda? Bila tidak pernah sepertinya anda harus memulainya dari sekarang.

Apa itu backup?

Arti backup dalam dunia teknologi informasi adalah suatu proses penggandaan atau duplikasi terhadap suatu data pada komputer dengan cara menyalin atau mengcopynya.

Tujuannya adalah, mencegah sesuatu yang tidak di inginkan. Maka data backup tersebut dapat digunakan kembali apabila terjadi kehilangan atau kerusakan pada data utama.

Selama ini mungkin anda belum pernah terpikir kearah ini. Padahal ini adalah suatu tindakan septi untuk kedepan blog anda.

Pendapat saya pribadi melakukan backup terhadap data-data blog terutamanya pada data posting atau artikel blog adalah sangat penting dilakukan secara rutin. Tergantung seberapa sering kita melakukan update baik dari artikel maupun yang lain, semakin sering saya melakukan update maka semakin sering juga saya membackup nya.

Mana kala suatu saat terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan Seperti blog error, blog terhapus, blog dicuri dan lain sebagainya yang mengakibatkan hilangnya data-data blog anda.

Atau jika anda ingin memindahkan artikel blog anda ke blog lain anda bisa menggunakan metode ini.

Sangat sayang sekali jika hasil jerih payah anda membangun blog dari awal bisa hilang begitu saja karena mengalami hal yang tidak diinginkan seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Maksudnya disini membackup data posting blogger adalah, membackup seluruh data artikel yang ada pada blog anda. Seluruh artikel yang ada pada blog anda akan di konfersikan kedalam sebuah file XML.

1. Masuk akun blogger anda.

2. Pada dashboard klik Setelan >> Lainnya >> Ekspor Blog.

3. Setelah itu akan ada jendela pop up yang akan muncul lalu klik U***h Blog.

Dengan itu maka data-data posting / artikel anda akan ter d******d kedalam sebuah file yang berformat XML.

Dan sebaliknya jika anda ingin mengupload kembali file XML (data post/artikel) tersebut ke blog anda atau blog lain maka anda pilih opsi Impor.

Dengan rutin melakukan backup data postingan blog maka masalah yang akan terjadi akan terminimalisir.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here