Breaking News
belajar php

Bagaimana dan Mengapa Membuat Komentar pada Kode PHP?

Yang dimaksud pada adalah baris yang tidak anggap sebagai bagian dari program yang dibuat. Ia hanya bertujuan untuk dibaca oleh orang yang kemudian mengedit program tersebut.

Jadi, mengapa perlu membuat komentar?

1. Untuk mengingatkan diri Anda sendiri apa yang dilakukan

Meski saat ini Anda belum merasakan manfaat dari komentar pada PHP yang Anda buat, karena Anda baru memulai dan mungkin hanya membuat program-program pendek dan sederhana, namun merupakan kebiasaan baik untuk menambahkan komentar saat ini juga.

Percayalah, hampir semua programmer mengalami dan merasa perlu menengok kembali program yang pernah ia buat 1 – 2 tahun yang lalu misalnya, untuk mengetahui atau mencari tahu apa yang pernah dibuat tempo hari.

Nah, komentar bisa mengingatkan Anda, apa yang Anda pikirkan dan lakukan saat membuatnya, sehingga akan lebih untuk melakukan perbaikan serta menghindari Anda membuang hasil kerja Anda sendiri.

2. Untuk memberitahu orang lain apa yang Anda lakukan

Jika Anda bekerja bersama sebuah tim atau berencana membiarkan orang lain menggunakan skrip Anda, sebuah komentar sangat bermanfaat bagi programmer lain untuk mengerti apa yang Anda lakukan langkah demi langkah. Ini membuatnya menjadi jauh lebih mudah untuk bekerjasama atau melakukan perbaikan jika diperlukan.

Nah, bagaimana cara membuat komentar pada kode PHP?

Ada beberapa cara menambahkan komentar pada kode PHP Anda. Pertama adalah dengan menambahkan // di awal teks. Contoh:

Untuk sebuah baris teks tunggal, Anda juga bisa menggunakan tanda #. Contoh:

Jika Anda perlu menambahkan komentar panjang atau banyak baris, yang terbaik adalah menggunakan /* */. Dengan ini Anda bisa membuat blok komentar yang berisi banyak baris teks sekaligus. Contoh:

Check Also

membuat copyright web dengan PHP

Membuat Copyright Otomatis Update dengan PHP

Di setiap website, biasanya ada pernyataan copyright di bagian bawah setiap halaman. Beberapa software yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *