Jika Anda belajar PHP dengan tujuan berkarir sebagai pengembang PHP, maka ada tiga kemungkinan jenis pekerjaan yang bisa Anda pilih.

Anda bisa menjadi karyawan, sebagai kontraktor (freelancer), atau bekerja untuk diri Anda sendiri (self employee).

Nah, di artikel ini saya coba mengupas satu persatu jenis pekerjaan tersebut, lengkap kelebihan dan kekurangannya.

Pertama, adalah bekerja di sebuah perusahaan IT atau sebagai karyawan. Ini mungkin jenis pekerjaan yang paling ‘mudah’ dipilih dalam karir sebagai programmer PHP. Di sini Anda bekerja bagi perusahaan lain, dengan imbalan gaji tetap bulanan dan berbagai tunjangan lainnya.

Anda tidak punya banyak pilihan dalam memilih proyek apa yang dikerjakan, namun Anda memiliki pekerjaan tetap dan dibayar dengan pasti. Sehingga kelebihan dari jenis pekerjaan ini adalah dari sisi ‘keamanan’ penghasilan, dan Anda mengetahui dengan pasti berapa yang bisa didapatkan setiap bulannya.

Kekurangannya, Anda tidak bisa memilih proyek akan digarap. Dan biasanya, tergantung dari perusahaan di mana Anda bekerja, Anda mungkin tidak pernah melihat projek secara utuh dari awal sampai akhir, karena bisa jadi Anda hanya diminta untuk mengerjakan bagian per bagian dari keseluruhan proyek tersebut.

Sebaliknya, jika Anda bekerja di perusahaan kecil, kemungkinan Anda tidak hanya bertindak sebagai programmer PHP, namun juga menangani permasalah IT lainnya.

Pilihan kedua, adalah bekerja sebagai freelancer. Seorang freelancer menawarkan jasa berbasis projek. Anda juga bisa dengan bebas memilih jenis projek yang ingin dikerjakan, berapa harga yang ditawarkan dan kepada siapa Anda bekerja.

Anda bekerja untuk perusahaan atau orang lain, namun bukan sebagai karyawan mereka. Artinya, penghasilan Anda akan bervariasi dan berubah dari bulan ke bulan, tergantung dari job yang didapat serta seberapa banyak projek yang sanggup Anda tangani.

Situs-situs seperti freelancer.com, elance.com atau upwork.com bisa memudahkan seorang freelancer menemukan orang atau perusahaan yang membutuhkan jasa Anda.

Kekurangannya jenis pekerjaan ini, adalah tidak kepastian dalam hal penghasilan. Namun, jika Anda serius, bersemangat tinggi, mampu berkomunikasi baik dengan klien, maka berprofesi sebagai freelancer sangat bisa diandalkan sebagai karir.

[quote_box_center]Jika Anda tertarik dengan dunia freelancer, dan ingin mengenal cara kerja, tips dan petunjuk menjadi freelancer, silakan baca: Cara Menjadi Freelancer.[/quote_box_center]

Pilihan terakhir untuk menghasilkan uang sebagai programmer PHP adalah dengan membuat software atau aplikasi kemudian menjualnya.

Ini mungkin cara paling ‘sulit’ dalam berkarir di PHP dibanding dua cara di atas, namun juga bisa jadi adalah cara yang paling ‘memuaskan’ diri Anda sendiri.

Dengan cara ini, Anda mengerjakan semuanya sendiri. Anda tidak punya bos, tidak panduan, tidak petunjuk, jadi bila Anda bukan tipe orang yang tidak bisa bekerja tanpa arahan, mungkin jenis pekerjaan ini tidak cocok bagi Anda.

Dalam profesi ini juga, Anda mungkin sekaligus memainkan banyak peran, ya sebagai programmer, ya sebagai penjual (marketing), ya juga sebagai tenaga support dari software yang Anda buat.

Selain itu, kita saat ini hidup di dunia, di mana ada begitu banyak software yang bisa didapat dengan gratis, sehingga Anda harus memastikan software yang Anda tawarkan adalah sesuatu yang spesial, sehingga orang bersedia membelinya. Mungkin sesuatu yang unik, atau benar-benar mampu memberi nilai tambah pada teknologi yang telah ada. Salah satu contoh paling nyata adalah dengan membuat plugin atau membangun theme website, dan sebagainya.

Setiap orang punya kemampuan, kecenderungan, dan kesukaan berbeda dalam hal programming. Karena itu, tidak ada salahnya Anda mencoba mengerjakan hal-hal berbeda dalam waktu bersamaan. Anda mungkin bermimpi untuk bisa hidup dari software yang buat sendiri, namun sementara tetap ingin sumber penghasilan yang tetap dan aman. Maka, kenapa tidak bekerja di kantor di siang hari, dan mengerjakan proyek Anda sendiri di malam hari atau di akhir pekan?

Terlepas dari cara mana yang Anda pilih, saya ucapkan selamat dan sukses berkarir di PHP!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here