Belajar Biologi

Biologi ilmu yang membahas tentang ilmu alam dan organisme kehidupan secara sangat detail dan sangat luas. pada dasarnya ilmu biologi sangat di butuhkan dalam mencari informasi karakteristik suatu kehidupan di bumi ini secara detail yang dilakukan oleh pakarnya di sebut dengan biologilmuwan di bidang biologi. 

Mengetahui tentang biologi sangatlah penting karena akan manfaatnya sangatlah besar, itulah kenapa kita di tingkat pendidikan SMP,SMA bahkan perguruan Tinggi juga selalu ada pelajaran biologi. Biologi juga banyak cabangnya tergantung jenis dari apa yang akan mau kita bahas atau teliti.

Misal, kita ingin membahas Hewan, mulai dari sifat, stuktur tubuh luar/dalam, DNA,dan  sel-sel pada hewan. Maka, kita akan menjurus ke ilmu Zoologi. Ilmu Zoologi juga banyak cabangnya dan seterusnya. sampai ke akar-akarnya.

Sebelum kita terlalu jauh kita harus tau dulu asal kata biologi secara umum :

Biologi dalam bahasa yunani terbagi menjadi 2 kata yaitu bio dan logos, bio yang artinya hidup dan logos berarti ilmu pengetahuan. Yang dapat di simpulkan biologi berarti ilmu yang membahas tentang seluruh kehidupan, baik manusia,hewan,tumbuhan,air, dll secara luas yang ada di bumi atau luar bumi.

Hingga saat ini perkembangan ilmu biologi sangat pesat sekali dan pemanfaatanya sudah dapat kita rasakan sampai saat ini yang mungkin belum banyak kita ketahui.

pada masyarakat awam istilah biologi sangat kental dengan ilmu kedokteran, dan itu memang benar sekali, tanpa adanya penelitian yang mendasari dari ilmu biologi dan ilmu penunjang lainya seperti(fisika) yang masih dalam cabang biologi juga. Maka, dalam hal pengobatan akan sangat sulit dilakukan, karena keterbatasan informasi tentang cara dan bagaimana mengatasi orang yang sakit dan jenis-jenis penyakit apa yang menyerang pasien.

Bukan saja dalam hal kedokteran juga. Dalam hal kehidupan sosial juga, secara tidak langsung kita sudah menjalankan manfaat dari ilmu biologi setiap harinya, contohnya ketika petani ingin mensuburkan tanaman padinya. Maka, bisa menggunakan pupuk anorganik/ pupuk buatan. yang di buat manusia berdasarkan sifat dari bahan pencampuran pupuk tersebut dan kandungan-kandungan dalam pupuk tersebut maka bisa di teliti dengan ilmu biologi yang menghasilkan padi yang berkualitas yang kita makan setiap harinya. yang sudah menjadi Nasi.

Masih banyak lagi hal mengenai Biologi, yang mungkin akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya. jadi selalu stay disini ya kita akan mengupas tentang ilmu biologi secara detail dan lebih luas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here