Belajar Bisnis dari Bob Sadino

Belajar bisnis sebenarnya bisa dari siapa saja dan kapan saja, karena pada kenyataannya semua orang punya teori tentang bisnis. Logika yang digunakan dalam bisnis adalah mencari keuntungan sebanyak mungkin dengan menggunakan modal dan berusaha untuk tidak rugi. Namun ada baiknya ketika kita belajar bisnis dari orang-orang yang telah sukses di dunia bisnis.

Kenyataannya adalah sangat susah bertemu dengan orang-orang yang sudah sukses di dunia bisnis karena waktu dan kesempatan mereka yang mungkin terbatas. Jalan yang bisa ditempuh adalah mempelajari biografi dari pebisnis sukses yang kita kagumi. Tentu hal ini akan lebih mudah karena banyak referensi yang bisa kita jadikan rujukan untuk ‘berkenalan’ dengan pebisnis idola kita.

Pada kesempatan kali ini kami ingin mengajak anda untuk belajar bisnis dari salah satu tokoh pebisnis sukses di Indonesia, Bob Sadino. Mungkin nama itu sudah tidak asing lagi di telinga anda semua. Pebisnis yang mempunyai ciri khas baju kemeja lengan pendek dan celana pendek itu telah menginspirasi banyak pebisnis muda untuk sukses.

Belajar bisnis dimulai dari pilihan

[quote_box_left]Orang pintar belajar keras untuk melamar pekerjaan. Orang goblok itu berjuang keras untuk sukses biar bisa bayar pelamar kerja. Bob Sadino[/quote_box_left]

Bob Sadino bukanlah orang yang langsung terjun ke dunia bisnis. Sebelumnya beliau pernah bekerja di Djakarta Lylod di kota Amsterdan. Pekerjaan pertama yang beliau lakoni setelah keluar dari pekerjaannya adalah menyewakan mobilnya dan beliau sendiri yang jadi supirnya.

Belajar bisnis itu harus pantang menyerah

[quote_box_right]Banyak orang saya gila, hingga akhirnya mereka dapat melihat kesuksesan saya karena hasil kegilaan saya. Bob Sadino[/quote_box_right]

Mengapa belajar bisnis harus pantang menyerah? Jawaban dari pertanyaan ini telah terjawab dari kesungguhan Bob Sadino untuk survive di dunia bisnis. Bisnis pertama Bob Sadino harus terhenti karena mobilnya mengalami kecelakaan dan rusak parah.

Setelah kegagalan pada bisnis pertamanya, akhirnya Bob Beralih ke bisnis lain. Bisnis telur ayam negeri, sesuatu yang sangat sulit pada saat itu karena pasar untuk telur ayam negeri belumlah ramai. Namun itulah kegilaan, melawan fakta dengan sebuah keyakinan bahwa apa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan membuahkan hasil.

Belajar bisnis harus siap gagal dan siap berkembang

[quote_box_left]Orang pintar maunya cepat berhasil, padahal semua orang tahu itu imposible! Orang goblok hanya punya satu harapan yaitu bisa makan hari ini. Bob Sadino[/quote_box_left]

Menjalani sebuah bisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, namun Bob Sadino mampu membuktikan hal tersebut. Bisnis telur ayam negeri yang dijalani perlahan tapi pasti terus berkembang. Masa sulit telah dilewatinya, dan akhirnya Bob Membuka peluang baru yaitu bisnis daging ayam yang ternyata juga sukses di pasaran.

Meskipun Bob Sadino telah meninggal pada tanggal 19 Januari 2015, namun untuk belajar bisnis biografi beliau masih sangat cocok untuk dibaca. Belajar bisnis tidak harus bertemu beliau tapi cukup membaca dan memahami setiap kata-kata beliau, karena beliau sendiri belajar bisnis dari pengalaman-pengalamannya. Ada satu kalimat beliau sebagai penutup artikel kami kali ini.

[quote_center]

Orang goblok sulit dapat kerja akhirnya buka usaha sendiri. Saat bisnisnya berkembang orang goblok mempekerjakan orang pintar.

[/quote_center]

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here