Belajar PHP (Personal Home Page)

Belajar PHP (Personal Home Page). Menurut Mulani et all (2000, p6), PHP adalah  teknologi yang memungkinkan developer untuk mengerjakan proses dalam server, PHP adalah teknologi server side, yang berarti PHP bersifat browser independent. Ini berarti aplikasi web tersebut dapat dijalankan oleh browser apapun.

Halaman yang ditampilkan di browser hanya HTML saja atau beserta script yang ingin dijalankan di client. Sedangkan kode PHP akan tersembunyi rapi dan bebas dari sentuhan tangan–tangan yang kurang bertanggung jawab. PHP berisi sekumpulan dari script yang terlebih dahulu akan diproses di server sebelum dikirim ke client. Client hanya akan menerima dalam bentuk HTML. Jadi, terdapat dua elemen yang sangat penting dalam PHP. Elemen pertama adalah script yang digunakan untuk menulis program dan elemen kedua adalah HTML (tampilan layar) yang harus dihasilkan dari PHP yang kita buat.

Skrip PHP bisa diletakan dimana saja sebagaimana kita meletakan HTML tag. Untuk membedakan antara teks, HTML tag, dan skrip PHP, maka digunakan suatu tanda yang disebut delimiter. Delimiter adalah suatu karakter atau kumpulan karakter yang mangawali dan mengakhiri suatu tag atau skrip. Untuk HTML tag sudah kita ketahui bahwa delimiter yang digunakan adalah karakter < dan >. Untuk skrip PHP, delimiter yang digunakan adalah kumpulan karakter <? dan ?>.

Alasan menggunakan bahasa pemrograman PHP :

Gratis

Bahasa PHP itu sederhana, mudah dipahami dan mudah digunakan

PHP dapat berjalan hampir di semua Web Server (Apache, IIS, Xitami, PWS, Caudium, Netscape, Enterprice, OmniHTTOd, dan lain lain) dan sistem operasi (Linux, Unix, FreeBSD, Windows, Macintosh, Solaris, dan lain lain).

Script PHP dapat diakses dengan kecepatan tinggi

PHP dikemas dalam bentuk satu paket yang lengkap, sehingga kita tidak lagi harus bolak-balik mendownload dan menginstall modul-modul tambahan.

Manajemen memorinya bagus, artinya aplikasi PHP menggunakan memori dengan sangat efektif. PHP banyak menghilangkan penggunaan memori yang tidak penting.

PHP banyak mendukung banyak database server (contoh database server sudah kami sebutkan sebelumnya). Di samping itu, PHP memiliki fungsi- fungsi yang lengkap dan powerful untuk melakukan pengolahan pada tiap-tiap database server tersebut.

PHP dapat membantu menampilkan baris pesan kesalahan di browser, sehingga mempermudah dan mempercepat Anda dalam melakukan perbaikan terhadap kesalahan (debugging).

PHP dapat ditempelkan (embedded) dengan HTML, hal ini tentu akan memudahkan dan menyederhanakan pekerjaan kita dalam membangun aplikasi web yang dinamis. Selain ditempelkan (embedded), bila diperlukan script PHP dapat berdiri sendiri, bahkan melalui script PHP, kita bisa menjalankan atau menggunakan tag-tag HTML.

PHP termasuk jenis server side programming, artinya script PHP dijalankan di server. Sehingga, keamanan dan kecepatannya jauh lebih baik dibandingkan dengan jenis client side programming.

PHP mempunyai dukungan yang lengkap terhadap layanan-layanan internet lainnya melalui protocol POP3, SMTP (protocol untuk e-mail), HTTP (protocol untuk menampilkan halaman-halaman web), FTP (protocol untuk transfer file), NNTP, IMAP, dan lain-lain.

PHP dapat selalu up to date mengikuti perkembangan teknologi internet dengan cepat, hal ini dimungkinkan karena Life Cycle PHP yang cukup singkat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here