Benarkah Baby Sitter Solusi Mengasuh Anak?

Parenting Anak – Sering terabaikan karena Kesibukan orang tua dalam dunia kerja menyebabkan terbatasnya waktu untuk berada di rumah. Apalagi saat konsep emansipasi wanita yang dimaknai bahwa suami atau istri punya hak yang sama untuk bekerja dan berkarier. Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini sudah banyak perempuan yang memegang jabatan penting dalam sebuah instansi, perusahaan atau organisasi.

Orang tua khususnya ibu sebenarnya adalah orang yang paling bertanggung jawab dalam parenting anak. Namun kesibukan akan pekerjaan membuat tanggung jawab tersebut kadang di alihkan lewat jasa baby sister. Namun muncul sebuah pertanyaan apakah baby sister benar-benar merupakan solusi terbaik untuk parenting anak?

Kami sangat tertarik membahas pertanyaan tersebut karena melihat banyaknya kasus pidana yang melibatkan profesi baby sister. Seolah ada sebuah warning tentang penggunaan jasa baby sister. Artinya bahwa seolah ada tanda bahwa penggunaan jasa baby sister bukanlah sebuah solusi yang tepat.

Itulah hanyalah anggapan sementara, untuk lebih jelasnya anda menentukan sendiri setelah membaca beberapa perimbangan informasi dari kami. Berikut beberapa hal yang ingin kami sampaikan terkait baby sister dan parenting anak.

  • Pemilihan Baby Sister Untuk Parenting Anak

Kesibukan orang tua dalam bekerja dan mengejar karir ternyata membuka peluang kerja. Sampai saat ini sudah sangat banyak yang menawarkan jasa baby sister. Oleh karena itu untuk memilih baby sister sebaiknya anda memilih dari penyalur yang terpecaya.

Hal perlu anda tahu sebelum memilih baby sister adalah:

  1. Cara perekrutan dari pihak penyalur
  2. Pelatihan yang telah dilewati
  3. Latar belakang pendidikan dan sosial
  4. Motivasi menjadi baby sister

Itu adalah dari sisi baby sisternya, kalau dari sisi perkembangan anaknya bagaimana? Selain pertimbangan tentang kualitas dari baby sister yang anda ingin pergunakan jasanya. Anda juga harus mempertimbangkan dari sisi perkembangan anak anda.

  • Pembentukan karakter anak

Kalau anak terbiasa bersama baby sister maka secara perlahan anak akan lebih sering meniru perilaku dari sang baby sister. Artinya apa, baby sister menjadi lingkungan paling terdekat yang akan membentuk karakter anak. Terkait dengan pemilihan kualitas baby sister, kalau ingin anak anda punya karakter yang baik maka pilihlah baby sister yang punya karakter baik juga.

  • Hubungan emosional

Sudah bisa dipastikan kalau anda tidak punya banyak waktu dengan anak anda maka hubungan emosional pun akan sangat renggang. Kerenggangan hubungan emosional sebenarnya bisa berdampak parah pada kesopanan anak terhadap orang tuanya. Anak bisa saja menanamkan dalam diri bahwa orang tuanya tidak punya rasa kasih sayang terhadapnya.

Selanjutnya setelah kita melihat dari sudut pandang baby sister dan sudut pandang anaknya kita akan mengarahkan pembahasan pada waktu. Berapa lama sebaiknya anda menggunakan jasa baby sister?

Hal ini sangat penting karena semakin lama anda menggunakan jasa baby sister maka bisa jadi semakin jauh anda dari anak anda. Nah terkait dari hal hubungan emosional dan pembentukan karakter, jasa baby sister sebaiknya dihentikan sebelum anak mulai mengenal nilai. Sebelum anak bisa mengukur tingkat kasih sayang.

Sebenarnya masa balita anak sudah tahu ukuran kasih lewat sentuhan, lewat cara bicara, dan lainnya. Namun hal itu belum lah tersimpan sebagai konsep yang akan membekas. Itu masih bisa dihapuskan dengan menciptakan suasana baru. Tetapi ketika anak anda sudah masuk usia sekolah dan masih menggunakan jasa baby sister, maka bisa jadi anda sedang mempersiapkan perang dengan anak anda.

Ingat bahwa sekolah butuh tanda tangan orang tua. Sekolah terkadang mengundang orang tua ke sekolah untuk menerima laporan hasil belajar. Untuk mendapatkan saran tentang kondisi belajar anak anda.

Kalau anda tidak pernah punya waktu dan selalu di wakili oleh baby sister, maka anak anda akan merasa terabaikan. Hal tersebut bisa diperparah oleh olok-olokan teman anak anda. Jadi, terkait baby sister dan parenting bijaklah dalam menentukan pilihan karena pada hakikatnya masa depan buah hati anda masih lebih penting daripada harta dunia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here