Bentuk Daun, Batang dan Akar Tanaman Cokra-cakri

Seperti tanaman pada umumnya cokra-cakri memiliki kesamaan dan keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh tanaman yang lain. Berikut ini adalah ciri ciri khas dari tanaman cokra-cakri.

1. Bentuk daun tanaman cokra-cakri

daun-cokra-cakri

Bentuk daun dari tanaman cokra-cakri sangat mirip dengan tanaman seledri. Daunnya berbentuk kecil-kecil bercabang dan sangat rimbun.

Daun muda tanaman cokra-cakri berwarna hijau muda, ketika tanaman cokra-cakri mulai menua daun ini berubah menjadi hijau tua. Ketika tanaman ini sudah mulai menua dan tanaman ini sudah mulai berbiji maka daun dari tanaman cokra-cakri ini akan berubah warna menjadi coklat muda.

Daun tumbuh mulai dari pupus tanaman sampai pada dahan-dahan dari tanaman cokra-cakri. Setiap dahan yang ditumbuhi oleh daun memiliki kuncup kecil pada ketiak dahanya. Dari kuncup inilah akan tumbuh dua cabang baru ketika tanaman ini dipangkas.

Namun pupus kecil ini tidak akan tumbuh membesar jika tanaman ini tidak dipangkas, justru pupus ini akan menguning dan mati jika tanaman dibiarkan saja tanpa pemangkasan.

2. Bentuk dan tekstur dahan tanaman cokra-cakri

dahan-cokra-cakri

Tekstur dari dahan tanaman cokra-cakri yang masih muda sangat lembut. Sehingga nanti pada pengolahannya tanaman cokra-cakri tidak boleh di rebus terlalu lama.

Akan tetapi dahan dari tanaman cokra-cakri yang sudah mulai menua bertekstur seperti kayu. Oleh sebab itu ketika ingin mengolah tanaman cokra-cakri sebaiknya pilihlah daun muda yang baru saja tumbuh karena lebih lunak dan lembut.

Dahan cokra-cakri ini berwarna hijau dan ada sedikit bagian di ketiak dahan yang berwarna ping. Pada pertemuan dua warna inilah terdapat sekat garis yang diatasnya terdapat kuncup kecil yang akan menumbuhkan tunas baru saat tanaman ini dipangkas.

3. Bentuk akar tanaman cokra cakri

akar-cokra-cakri

Akar dari tanaman cokra-cakri menancap tidak terlalu dalam seperti tanaman pada umumnya.

Akar pada tanaman cokra-cakri hanya menancap beberapa senti saja dari permukaan tanah dan bentuknya juga sangat mirip dengan akar akar rumput pada umumnya.

Akar dari tanaman cokra-cakri bersifat tunggal yang diiringi dengan beberapa akar batang di sekitar akar tunggal ini. Jika anda pernah mencabut beberapa rumput yang berkayu seperti itulah bentuk dari akar tanaman cokra-cakri ini.