7 Cara Bayar Pajak Motor Online di Indomaret Tahun 2023, Ternyata Gampang Banget!

ERUDISI.com – Pembayaran pajak motor dapat dilakukan di minimarket terdekat seperti Indomaret. Adapun cara bayar pajak motor online di Indomaret sangat mudah dan cepat. Bagaimana

Umam

cara bayar pajak motor online di Indomaret
7 Cara Bayar Pajak Motor Online di Indomaret Tahun 2023, Ternyata Gampang Banget! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

ERUDISI.com – Pembayaran pajak motor dapat dilakukan di minimarket terdekat seperti Indomaret. Adapun cara bayar pajak motor online di Indomaret sangat mudah dan cepat.

Bagaimana Tahun 2023?

Jika masih penasaran dan bingung mengenai cara bayar pajak motor online di Indomaret? Yuk simak ulasan lengkapnya di artikel ini.

Ternyata Gampang Banget, Bayar Pajak Motor Online di Indomaret

Pajak kendaraan merupakan kewajiban yang harus dibayar oleh pemilik kendaraan setiap tahunnya. Kewajiban membayar pajak ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Tarif Daerah.

Salah satu alasannya karena tidak ada waktu untuk datang ke kantor Samsat.

Meskipun tidak perlu lagi membayar pajak kendaraan bermotor di Samsat, kamu bisa melakukan cara bayar pajak motor online di Indomaret yang dekat dengan tempat tinggal kamu.

Indomaret dapat melayani pembayaran pajak tahunan. Dengan demikian, pemilik sepeda motor dapat lebih mudah memenuhi kewajiban pajaknya tanpa harus ke Samsat.

Ingin tahu cara pembayaran pajak motor di Indomaret? Ayo lihat cara dan syaratanya di bawah ini.

Syarat bayar pajak motor di indomaret

Untuk cara bayar pajak motor online di Indomaret, ada beberapa dokumen persyaratan yang harus dibawa. Bisa dikatakan, persyaratan dokumen lebih sederhana dibandingkan saat mengurus di Samsat. Inilah beberapa di antaranya.

– KTP

– STNK asli

– Nomor ponsel aktif

Cara bayar pajak motor di Indomaret

1. Siapkan dokumen yang diperlukan (KTP pemilik, STNK)

2. Pergi ke Indomaret terdekat, temui kasir dan katakan jika ingin melakukan pembayaran pajak motor. Pergi kekasir untuk menyeragkan nomor STNK

3. Pembayaran pajak motor dan biaya administrasi dapat dilakukan langsung di kasir.

4. Setelah pajak dibayarkan, bukti pembayaran akan dikirimkan, dan pemilik kendaraan akan menerima SMS berupa tautan atau bitly link yang berisi Electronic Identification Record (ERI) Polri

5. Klik link tersebut, maka akan muncul gambar bukti pembayaran kewajiban pembayaran pajak elektronik (e-TBPKP) disertai dengan QR code

6. Simpan bukti pembayaran. Kwitansi pembayaran, e-TBPKP dan kode QR digunakan sebagai persyaratan untuk validasi STNK di kantor polisi.

7. e-TBPKP yang memiliki QR code merupakan bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor dan bukti validasi STNK yang masih berlaku, sehingga QR code dapat menjadi bukti STNK yang sah ketika terjadi razia di jalan.

Akhir Kata

Perlu diketahui bahwa cara bayar pajak motor online di Indomaret diatas terdapat batas waktu penggantian voucher pembayaran untuk sertifikasi STNK di Samsat paling lambat 30 hari.

Untuk mencetak lembar pajak beserta STNK, harap membawa slip pembayaran dan dokumen lainnya ke Samsat pada hari dan jam operasional kantor.

Selalu ikuti terus artikelartikel menarik lainnya di Erudisi. Tambah ilmu dan pengetahuan sekarang lebih cepat dan mudah.

Related Post