3 Cara Bikin NPWP Online yang Mudah dan Simple, Untuk Usaha Menengah Berskala Kecil!

ERUDISI.com – Untuk membayar pajak, kamu memerlukan NPWP. Lantas bagaimana cara bikin NPWP online untuk usaha kecil? NPWP kini dibuat tidak hanya untuk pegawai swasta

Umam

cara bikin NPWP online
3 Cara Bikin NPWP Online yang Mudah dan Simple, untuk Usaha Menengah Berskala Kecil! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

ERUDISI.com – Untuk membayar pajak, kamu memerlukan NPWP. Lantas bagaimana cara bikin NPWP online untuk usaha kecil?

NPWP kini dibuat tidak hanya untuk pegawai swasta yang bekerja di perusahaan, tetapi juga untuk perusahaan kecil dan menengah. Pajak berlaku untuk semua warga negara Indonesia, sehingga yang mempunyai usaha atau usaha akan dikenakan kewajiban perpajakan.

Bagaimana Bikin NPWP Online yang Mudah dan Simple?

Apakah kamu tertarik? Pada artikel kali ini akan dibahas mulai dari pengertian NPWP, fungsinya, cara bikin NPWP online untuk usaha kecil, apa saja persyaratan yang diperlukan untuk keuntungan yang bisa didapat jika memiliki NPWP untuk para pebisnis.

Untuk Usaha Menengah Berskala Kecil,

Masih banyak masyarakat yang bingung bagaimana cara membuat NPWP, khususnya bagi Usaha Kecil dan Menengah (UMKM).

Bahkan para pegiat usaha, terutama yang masih pemula, semakin mencari cara bikin NPWP online usaha kecil. Kamu adalah salah satu dari mereka?

Ternyata memiliki NPWP bukan hanya untuk kepatuhan pajak saja, ada juga keuntungan bagi pemilik usaha kecil dengan memiliki NPWP.

Apa itu NPWP?

NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. NPWP merupakan identitas yang harus dimiliki oleh mereka yang sudah berpenghasilan, terutama yang berpenghasilan di atas rata-rata.

Mereka yang sudah berpenghasilan diwajibkan membayar pajak dan diberi NPWP. NPWP adalah nomor pokok wajib pajak sebagai identitas untuk memenuhi hak dan kewajiban perpajakan.

Fungsi NPWP

Apa fungsi NPWP? Apakah hanya untuk tujuan membayar pajak? Ternyata NPWP bukan sekedar angka yang menkamukan bahwa kamu membayar pajak, namun ada fungsi lain yang bisa didapatkan dengan melakukan NPWP. Berikut detailnya:

Hindari Denda

Fitur pertama NPWP bisa menghindarkan kamu dari denda karena tidak membayar pajak. Dengan memiliki NPWP, kamu dapat membayar pajak agar tidak tertinggal yang kemudian dapat dikenakan sanksi.

Mempermudah penyajian kredit

Fungsi lain dari NPWP adalah sebagai persyaratan untuk mengajukan kredit ke bank atau lembaga keuangan.

Selanjutnya, bank akan menganalisis sejarah klien dalam membayar kewajiban perpajakannya. Jika kamu sudah memiliki NPWP, maka saat ingin mengajukan kredit akan jauh lebih mudah.

Membuat izin usaha

Dengan adanya NPWP, pelaku usaha lebih mudah untuk melakukan Surat Izin Usaha Usaha (SIUP). Hal ini tentu akan mempengaruhi bisnis kamu di masa depan.

Buat rekening tabungan di bank

Calon nasabah dengan calon pemilik manfaat wajib menyampaikan NPWP sebagai bentuk pencegahan pencucian uang dan pendanaan terorisme oleh bank umum.

Sebagai syarat pencairan dana Negara

Dengan adanya NPWP, dapat membantu kamu mencairkan dana untuk proyek-proyek negara, seperti lelang yang mengharuskan peserta memiliki NPWP

NPWP usaha kecil

Apa yang dimaksud dengan NPWP UMKM? NPWP UMKM adalah nomor pokok wajib pajak bagi perusahaan mikro, kecil, dan menengah untuk membayar pajak. Sebelumnya, UMKM dikenakan tarif pajak 1%.

Namun sejak Juli 2018 hingga saat ini terjadi perubahan tarif yang disebutkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2018 terkait Pajak Penghasilan yaitu Penghasilan Usaha yang diperoleh wajib pajak dengan tagihan bruto tertentu.

Kini, tarif pajak untuk UMKM dengan omzet maksimal Rp 4,8 miliar adalah 0,5%.

Cara membuat NPWP usaha kecil online

Bagaimana cara bikin NPWP online untuk usaha kecil? Apa yang bisa dilakukan secara daring? Jika kamu ingin mengetahui cara membuat NPWP usaha kecil, coba langkah-langkah berikut ini:

1.Buka aplikasi pendaftaran elektronik di www.ereg.pajak.go.id

Jika kamu belum memiliki akun, klik SIGN UP terlebih dahulu, lalu segera login.

2. Mengisi formulir pendaftaran wajib pajak di e-Registrasi

Setelah itu, serahkan dokumen persyaratan secara online melalui aplikasi registrasi elektronik atau serahkan surat pengantaran yang telah ditkamutangani.

Pastikan dokumen telah diterima oleh KPP dalam waktu 14 hari kerja.

3. Proses Permohonan oleh KPP

KPP akan menerbitkan Bukti Surat Diterima secara elektronik apabila dokumen persyaratan telah dinyatakan lengkap.

Cara buat NPWP ke kantor pajak langsung

Ternyata selain online, buat NPWP juga bisa datang langsung ke kantor pajak. Bagi kamu yang bingung dan lebih suka melakukan NPWP secara offline, cara ini cocok. Berikut cara bikin NPWP online usaha kecil yang bisa kamu ikuti:

Isi formulir

Silahkan mengisi formulir yang telah disediakan yaitu Formulir Pendaftaran Wajib Pajak kemudian menkamutanganinya. Permohonan tertulis ini akan dikirimkan ke KPP atau KP2KP di wilayah tempat tinggal kamu.

Persyaratan lengkap

Sebelum KPP memproses permohonan kamu, lengkapi terlebih dahulu persyaratan untuk melakukan NPWP.

Proses Permohonan oleh KPP

Jika dokumen persyaratan sudah lengkap, KPP akan menerbitkan tkamu terima surat tkamu terima. Kemudian, selambat-lambatnya 1 hari kerja setelah surat tkamu terima diterbitkan, KPP atau KP2KP akan mencetak kartu NPWP dan kamu daftar.

Kartu NPWP ini akan dikirimkan ke perangkat yang didaftarkan.

Dengan membayar pajak bisnis kamu dengan benar, ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk bersaing dengan pesaing besar lainnya.

Ini karena membayar pajak bisnis berarti kamu memiliki catatan bagus dalam menjalankan bisnis. Sehingga kedepannya akan lebih mudah bagi perusahaan untuk bekerja sama dengan banyak investor dan meringankan persyaratan lainnya.

Akhir Kata

Dengan mengetahui cara bikin NPWP online, akan lebih mudah bagi usaha kecil untuk mengembangkan usahanya, terutama dalam masalah administrasi yang dapat terjadi jika ingin mengembangkan usahanya.

Selalu ikuti terus artikelartikel menarik lainnya di Erudisi. Terimakasih banyak dan sampai jumpa lagi ya.

Related Post