5 Cara Hitung Persen di Excel yang Mudah untuk Pemula!

ERUDISI.com – Cara hitung persen di Excel bisa dilakukan dengan mudah jika kamu memahami rumusnya. Dengan mengetahui persentase kenaikan suatu perusahaan atau bisnis sehingga dapat

Umam

cara hitung persen di Excel
5 Cara Hitung Persen di Excel yang Mudah untuk Pemula! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

ERUDISI.comCara hitung persen di Excel bisa dilakukan dengan mudah jika kamu memahami rumusnya.

Dengan mengetahui persentase kenaikan suatu perusahaan atau bisnis sehingga dapat menghitung keuntungan (profit) dan mengetahui apakah mengalami peningkatan dibandingkan periode sebelumnya atau tidak.

Bagaimana ?

Aktivitas paling umum saat bekerja dengan Microsoft Excel adalah memasukkan data ke dalam spreadsheet. Lalu bagaimana cara hitung persen di Excel? Ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini.

Menghitung Persentase Kenaikan di Excel

Nah cara hitung persen di Excel bisa dihitung dengan menggunakan microsoft excel sebagai berikut yang bisa anda ikuti untuk beberapa contoh kasus perhitungan kenaikan persentase lainnya.

1. Buat tabel data

Membuat tabel data terlebih dahulu.

2. Buat hasil persentase

Pada kolom persentase untuk mendapatkan hasil perhitungan dalam bentuk persentase, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di atas dengan cara klik kanan lalu pilih “Format Cells” atau pada tab “Home”, klik %.

3. Masukkan rumus kenaikan

Setelah itu masukkan rumus perhitungan pada tabel kenaikan persentase. Masukkan angka setelah dikurangi angka sebelumnya dan membagi angka sebelumnya. Misalnya =(B3-B2)/B2.

4. Klik Kembali atau Masuk

Kemudian klik “Kembali atau Masuk” pada keyboard. Maka akan diperoleh hasil perhitungan kenaikan sebesar 10%.

5. Seret ke bawah

Untuk data berikut, kamu dapat menarik kolom C3 ke bawah dengan kursor seperti “+”. Kemudian secara otomatis akan menampilkan persentase untuk tahun-tahun berikutnya sehingga kamu tidak perlu repot menghitung secara manual.

Akhir Kata

Itu sebabnya kamu perlu mengetahui cara hitung persen di Excel. Terutama bagi perusahaan atau seseorang yang menjalankan bisnis atau perusahaan agar mendapatkan hasil yang lebih akurat dan cepat. Semoga bermanfaat!

Selalu ikuti terus artikelartikel menarik lainnya di Erudisi. Tambah ilmu dan pengetahuan sekarang lebih cepat dan mudah.

Related Post