4 Cara Kerja Cloud Computing yang Wajib Kamu Tahu!

ERUDISI.com – Cara kerja cloud computing adalah sistem layanan melalui Internet yang dapat diakses oleh siapa saja di mana saja dan kapan saja. Tidak hanya

Umam

cara kerja cloud computing
4 Cara Kerja Cloud Computing yang Wajib Kamu Tahu! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

ERUDISI.comCara kerja cloud computing adalah sistem layanan melalui Internet yang dapat diakses oleh siapa saja di mana saja dan kapan saja.

Tidak hanya untuk bisnis, banyak pengguna internet juga menggunakan cloud computing untuk kebutuhan sehari-hari.

Bagaimana ?

Meski banyak penggunanya, seringkali orang tidak memahami dengan jelas cara kerja cloud computing itu. Nah, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Kerja Cloud Computing

Cloud Computing adalah sistem komputer yang memproses data di awan saat terhubung ke Internet. Pengguna teknologi ini dapat mengelola data dan aplikasi menggunakan Internet sebagai server pusat.

Komputer yang digunakan untuk komputasi meliputi CPU, RAM, sistem operasi, perangkat lunak, kecepatan jaringan, dan penyimpanan.

Sederhananya, teknologi cloud transfer memungkinkan pengguna mengakses data di mana saja melalui perangkat apa pun, menggantikan transmisi data secara fisik yang biasa dilakukan dengan teknologi sebelumnya.

Karena meningkatnya jumlah pengguna komputer saat ini, komputasi awan menjadi sangat berguna. Sejak banyak perusahaan menggunakan komputer untuk mengolah dan berbagi data, perkembangan komputasi awan muncul sebagai solusi.

Bagaimana Cloud Computing bekerja

Agar teknologi cara kerja cloud computing berfungsi, semua komputer yang digunakan untuk mengakses data atau program harus terhubung ke Internet.

Pengguna tidak perlu menginstal perangkat lunak apa pun di komputer saat menggunakan Internet untuk mengakses sistem data komputer. Informasi juga disimpan secara virtual, sehingga memori komputer pengguna tidak akan kewalahan.

Internet menjadi server terpusat untuk manajemen data dalam layanan cloud computing. Pengguna kemudian menggunakan serangkaian perintah yang mengarahkannya ke server aplikasi.

Pengguna bisa mendapatkan data yang ingin diakses jika server telah menerima perintah. Sesuai dengan instruksi yang diberikan, pengguna juga dapat memperbarui atau mengubah data.

Komputasi awan adalah jenis infrastruktur digital, karena menawarkan layanan untuk menyimpan data dan informasi.

Perusahaan tidak perlu lagi mengembangkan atau membuat ruang file sebagai basis data berkat komputasi awan sebagai infrastruktur sebagai layanan (IAAS).

Kamu bisa mendapatkan semua data yang kamu butuhkan dengan menjalankan beberapa perintah.

Manfaat Cloud Computing

Setelah mempelajari cara kerjanya, penting juga untuk memahami apa manfaat cloud computing bagi kelangsungan bisnis. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sesuai kebutuhan

Kapasitas cloud dapat dengan mudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan bisnis.

2. Kecepatan tinggi

Pengguna akan lebih cepat berinovasi berkat cloud computing karena memudahkan mereka mengakses berbagai sumber daya teknologi dan menghubungkannya dengan layanan lain untuk berbagai kebutuhan.

Dengan kemudahan ini, pengguna memiliki kebebasan untuk bereksperimen guna meningkatkan transformasi bisnis.

3. Dapat diakses di seluruh dunia

Karena cara kerja cloud computing bisa diakses oleh semua orang di seluruh dunia, maka menggunakan ini sangatlah fleksibel.

4. Hemat anggaran

Pengguna tidak perlu khawatir tentang berapa biaya cloud computing, karena mereka hanya perlu membayar layanan cloud yang mereka gunakan. Banyak bisnis akan mendapatkan keuntungan dengan menyingkirkan biaya yang tidak perlu.

Akhir Kata

Nah itulah tadi pembahasan mengenai cara kerja cloud computing. Meski memiliki banyak kelebihan, kamu juga harus siap menghadapi beberapa tantangan saat menggunakannya.

Selalu ikuti terus artikelartikel menarik lainnya di Erudisi. Tambah ilmu dan pengetahuan sekarang lebih cepat dan mudah.

Related Post