Cara Memanfaatkan Ponsel Rusak

Yang namanya barang elektronik pasti ada yang mengalami kerusakan, sama halnya dengan ponsel. Nggak peduli harganya murah atau mahal sekalipun, suatu saat pasti akan mengalami kerusakan. Kerusakannya pun bisa disebabkan oleh beberapa faktor, dan tingkat kerusakannya juga bervariasi. Ada yang kerusakannya bisa dengan mudah diperbaiki dan ada juga yang harus mengganti beberapa buah komponen. Tapi masalahnya untuk mengganti komponen harus mengeluarkan uang yang banyak pula.

Contohnya saja LCD ponsel kamu rusak dan harus diganti, untuk membeli LCD yang baru harganya hampir sama dengan harga ponsel kamu. Jadi kamu akan berfikir dua kali untuk menggantinya atau membeli yang baru. Lantas apa yang akan anda lakukan pada ponsel anda yang sudah rusak? Berikut 5 cara memanfaatkan ponsel yang rusak.

1. Memperbaikinya

Jika kerusakan ponsel kamu tidak terlalu parah dan masih bisa diperbaiki, sebaiknya diperbaiki saja. Untuk memperbaiki ponsel yang tidak perlu penanganan khusus, kamu sendiri bisa kok untuk memperbaikinya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari penyebab kerusakan, setelah menemukan penyebabnya kamu tingga mencari cara untuk memperbaikinya di Google atau di Youtube. Selain memperbaikinya sendiri, kamu bisa membawanya ke teknisi ponsel.

2. Menjadikan sebagai CCTV

Langkah yang bagus dan tepat yang bisa dilakukan adalah menjadikannya sebagai CCTV. Kamu bisa menjadikan ponsel yang rusak menjadi CCTV asalkan ponsel kamu masih bisa hidup dan memiliki kamera. Caranya adalah dengan menghidupkan kamera di ponsel kamu dan meletakannya di tempat yang ingin di intai.

3. Dimuseumkan

Jika kerusakan ponsel kamu terlalu parah dan tidak bisa diperbaiki atau biaya perbaikan yang terlalu mahal, kamu bisa memuseumkan ponsel kesayangan kamu. Alasan lain memuseumkannya adalah karena sejarahnya yang tak bisa dilupakan. Yang dimaksud memuseumkan disini adalah menyimpannya dan memajangnya dirumah atau di kamar kamu sendiri.

4. Mengambil komponen

Sebelum kamu memuseumkan ponsel kesayangan, alangkah lebih baiknya kamu terlebih dahulu mengambil komponen-komponen ponsel kamu yang masih bisa digunakan. Komponen-komponen yang bisa diambil seperti spaeker, microphone, batrei, dan lain sebagainya. Komponen-komponen ini bisa kamu manfaatkan untuk digunakan jika ada ponsel lain yang rusak. Selain itu, jika ada teman kamu yang membutuhkan komponen-komponen tersebut, kamu dapat menjualnya ke temanmu itu.

5. Dijual

Jangan terlalu cepat mengambil keputusan untuk membuang ponsel kamu yang rusak, mulailah untuk mengambil keuntungan dari ponsel yang rusak. Langkah lain yang bisa kamu lakukan pada ponsel yang rusak adalah menjualnya. Walaupun rusak masih ada beberapa pihak yang mau membeli ponselnya lho. Tapi harganya tidak setara ponsel yang baik, harganya tergantung dari tingkat kerusakan ponsel kamu. Semakin parah kerusakannya maka semakin murah ponsel kamu dihargai, tapi lumayan juga buat tambahan untuk beli ponsel yang baru atau tambahan uang saku.

Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here