Cara Membimbing Anak Belajar Membaca

Usia pra sekolah belum lah menjadi tuntutan terhadap anak untuk tahu baca tulis. Baca tulis belum lah menjadi kewajiban karena berbicara juga terkadang belum lancar dan pelafalan kosakata belum semua tepat. Namun tidak ada salahnya memperkenalkan baca tulis sejak dini.

Bagi anda yang ingin mengajar anak membaca sejak usia dini, kami akan memberikan beberapa tips.

  • Anda harus terbiasa membaca terlebih dahulu

Sebelum mengajarkan membaca kepada anak pastikan bahwa anak anda sudah sering melihat anda membaca. Sebenarnya tanpa di suruh pun anak akan familiar dengan buku ketika anak sering melihat anda membaca. Kalau anak sudah mulai familiar karena sering melihat anda membaca maka secara perlahan akan tertarik juga pada buku.

Ini persoalan Role model, jadi ada satu hal yang unik dari anak yaitu kebiasaan meniru kebiasaan orang tuanya. Jadi anak usia pra sekolah cenderung mengikuti kegiatan-kegiatan yang sering dilihatnya. Jadi ketika ingin anaknya belajar membaca pastikan anak anda sering melihat anda membaca buku.

  • Berikan buku menarik

Setelah anak anda familiar dengan buku-buku yang sering anda baca. Maka mulailah untuk membelikan buku-buku yang menarik. Buku yang menarik bagi anak-anak biasanya buku yang bergambar dengan penuh warna-warni dan tulisan huruf nya yang besar-besar.

Ketika anak sudah punya buku sendiri anda mulai lah memperkenalkan huruf-huruf alfabetik secara perlahan. Biasanya daya ingat anak itu sangat tinggi jadi sangat cepat untuk menghafal huruf-huruf alfabetik. Hanya saja jangan terlalu memaksakan untuk menuntut anaknya cepat bisa merangkai kata dari bacaan yang ada.

  • Berikan sensasi berbeda

Ada sebuah program unik yang kami temui minggu lalu. Saat mengisi minggu pagi dengan kegiatan olahraga kecil berupa jogging di lapangan. Kami menemukan sebuah perpustakaan keliling. Sebuah program yang dilaksanakan oleh salah satu PAUD yang ada di kota kami. Tujuannya tentu adalah untuk memberikan sensasi berbeda pada aktivitas belajar membaca anak.

Jadi selain belajar membaca menjadi kebiasaan bagi anak di rumah. Dengan membawanya ke tempat perpustakaan keliling atau tempat wisata lain yang bisa sambil membaca anak akan menjadi lebih senang lagi. Terkadang anak membutuhkan suasana ramai bersama anak-anak seusia nya. Artinya bahwa apabila anak seusia nya sedang belajar membaca maka anak anda pun tentu akan tertarik.

Nah bagi orang tua yang sedang mengajar anaknya membaca atau minimal pengenalan huruf dan angka. Sebaiknya mencoba cara di atas, jangan hanya menyuruh tanpa pernah mencontoh kan terlebih dahulu. Anak meskipun belum tahu manfaat dari apa yang akan dilakukan ketika pernah melihat hal itu dilakukan oleh orang lain atau orang tuanya maka akan lebih mudah diarahkan.

Satu kunci yang paling penting ketika mengajarkan anak pada pengenalan huruf dan angka adalah sabar. Anda harus sabar menghadapi anak anda, karena anak biasanya tidak pernah mau duduk terlalu lama sekedar melihat huruf dan angka-angka. Anak-anak senang berlarian kesana kemari, jadi ikuti saja irama yang dimainkan anak anda.

Lakukan kebiasaan membaca secara terus menerus dan secara perlahan hal itu akan menjadi kebutuhan bagi anak anda. Suatu saat nanti kalau anda mau mencobanya, setelah anak terbiasa anda ajari membaca dan anda tidak lagi mengajarinya maka dia akan memintanya untuk diajari. Hal itu terjadi karena sudah tertanam dalam mindset nya tentang aktivitas membaca. Sangat sederhana bukan cara mengajar anak membaca.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here