Cara Membuat Akun Email Webmail di Cpanel

Apakah anda masih bingung atau belum tau bagaimana cara membuat akun email webmail di cPanel web hosting yang anda gunakan? Jika iya simak pembahasan di bawah ini.

Bagi seorang pengguna internet email sudah menjadi hal wajib yang harus dimiliki. Email atau dalam bahasa indonesia nya adalah surat elektronik, yaitu surat yang berbasis elektronik atau digital.

Jika Anda memiliki blog atau website yang menggunakan web hosting cPanel biasanya Anda akan diberikan fitur akun email. Anda dapat membuat email dengan domain blog atau website anda sendiri.

Limit atau jumlah banyaknya email yang dapat Anda buat biasanya tergantung dari fitur yang diberikan dari awal Anda menyewa hosting, biasanya jika kita menyewa hosting dengan kapasitas di bawah 1GB maka akan diberikan batas jumlah akun email yang dapat dibuat. Biasanya sekitar 2-3 akun email.

Tapi biasanya jika kita menyewa web hosting dengan kapasitas di atas 1GB biasanya tidak ada batas maksimal pembuatan akun email alias unlimited. Anda dapat membuat akun email 10-100 jika anda mau. Tapi untuk apa email banyak-banyak, karena itu akan mengurangi kapasitas hosting yang anda gunakan. Buat seperlunya saja.

Kelebihan akun email webmail Cpanel?

Akun email webmail tidak sama dengan email gratisan seperti Gmail, Yahoo, Hotmail dll. Artinya bukan berbeda kegunaannya, tetapi fungsi dan kegunaan email ini tetap sama dengan yang lainnya, hanya saja aplikasinya yang membedakan. Tapi dari sisi kelebihan akun email dari webmail ini, Anda dapat memiliki akun email  dengan nama/alamat domain blog atau website anda.

Misalkan domain blog atau website anda yang menggunakan cPanel adalah: www.domainsaya.com maka anda dapat membuat email seperti ini, contoh: www.email.domainsaya.com, Anda dapat mengganti kata email sesuai keinginan Anda. Berikut cara membuat akun email webmail di cPanel, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Login pada cPanel yang anda miliki. Biasanya alamat domain untuk mengakses nya seperti ini: www.namadomain.com/cpanel login dengan password dan nama pengguna yang anda miliki. 

2. Setelah cPanel terbuka buka Email accounts di bagian Mail. Lihat gambar di bawah

3. Selanjutnya karena Anda ingin membuat akun email baru makan perhatikan bagian atas. Lihat gambar di bawah.

Keterangan gambar di atas:

[quote_box_center]1. Pada bagian ini isi dengan nama email yang ingin Anda gunakan sesuai keinginan Anda. Contoh di atas saya membuatnya dengan kata email-ku. Jika akun email telah selesai makan alamat email akan menjadi email-ku@uang1000.com.[/quote_box_center]

[quote_box_center]2. Pada bagian ini isi dengan password sesuai keinginan Anda.[/quote_box_center]

[quote_box_center]3. Konfirmasi atau masukkan ulang password yang baru saja Anda buat.[/quote_box_center]

[quote_box_center]4. Ini adalah parameter tingkat kekuatan password yang anda buat, jika kuning itu artinya password masih terbilang lemah. Dan hijau itu sudah jauh lebih baik untuk tingkat kesulitannya.[/quote_box_center]

[quote_box_center]5. “Mailbox Quota” ini adalah pengaturan kapasitas memori akun email yang akan Anda buat. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika untuk email standar tidak perlu diatur lagi. Dan jika memang email anda digunakan untuk banyak menerima banyak pesan anda bisa memilih opsi unlimited / atau mengisi kapasitas sendiri yang anda inginkan.[/quote_box_center]

Jika semua sudah di isi, klik Create Account.

4. Selanjutnya jika Anda telah berhasil membuat akun email seperti langkah langkah diatas berarti sekarang Anda sudah memiliki email dengan domain sendiri email-ku@uang1000.com.

5. Selanjutnya untuk mengakses webmail atau aplikasi dashoard akun email Anda perhatikan pada bagian bawah. Maka akan terdapat daftar akun email yang Anda buat, pada bagian kanannya klik More >> Access Webmail. Lihat gambar di bawah

Anda akan dibawa ke jendela baru, dan akan ada tiga pilihan aplikasi untuk mengakses dashboard akun email Anda.

Silahkan anda pilah salah satu di antar tiga aplikasi email di atas untuk mengakses dashboard akun email Anda.

Saya rasa cukup sampai disini dan sepertinya anda sudah cukup mengerti dengan langkah-diatas untuk membuat akun email webmail di cPanel, semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here