Cara Membuat Database MySQL dengan PHPMyAdmin

Setelah kita menginstal paket webserver XAMPP langkah selanjutnya adalah membuat database, dan berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat database dengan phpmyadmin.

Langkah-langkah :

1. Pastikan webserver XAMPP kita sudah aktif, atau kita bisa mengaktifkannya melalui xampp kontrol panel, seperti pada gambar dibawah ini :

2. Selanjutnya buka browser kita dan ketikkan pada url browser, http://localhost/phpmyadmin, maka akan tampil seperti dibawah ini :

3. Langkah selanjutnya kita menuliskan nama database yang akan kita buat, usahakan nama database merupakan nama yang mudah diingat, mudah ditulis dan tidak terlalu rumit, contoh : dbadmin, pengolahandb, tokoonline dsb.

4. Langkah keempat adalah membuat tabel, tulis nama tabel, disini saya akan membuat tabel admin dengan jumlah field 2, karena tabel admin saya asumsikan memiliki field username dan password, setelah diisi form nya kemudian tekan GO pada sudut kanan bawah.

5. Mengisikan atau bahasa kerennya input data di field username dan password.

Naaah setelah selesai kita tekan “GO”, dan kita sudah memiliki database dan sebuah tabel, perlu kita ingat dalam phpmyadmin setiap kita akan menyelesaikan pekerjaan kita dengan menekan “GO”.

✔ Populer :  Membuat Tabel MySQL: Tutorial

Sampai disini pembahasan tentang bagaimana Cara membuat database MySQL dengan phpmyadmin, apabila ada yang belum jelas ataupun koreksi dari artikel yang saya buat, mohon kiranya memberikan saran pada kolom komentar.

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.