Cara Membuat Pembeli Loyal dengan Toko Online Anda

Berjualan online memang gampang-gampang susah. Para pebisnis online nyatanya sangat jarang yang mampu mendapatkan pembeli loyal atau yang setia berbelanja ke toko online mereka, karena untuk mendapatkan pembeli yang loyal, bukan perkara mudah.

Kali ini Erudisi akan memberi tips bagaimana membuat pembeli tetap loyal untuk berbelanja lagi dan lagi di toko online Anda.

Tips agar pembeli loyal dengan toko online anda

1. Berikan pelayanan bintang lima

Tidak hanya berjualan offline saja yang memerlukan pelayanan terbaik, bisnis online juga membutuhkan pelayanan prima. Berikan pelayanan bintang lima, pasti pembeli yang pernah berbelanja ke toko online Anda akan setia dan berbelanja lagi.

Memberikan pelayanan bintang lima tidak terbatas pada sikap yang sopan, tapi juga dengan respon yang cepat, proses yang mudah, menepati janji kepada pembeli dan kualitas produk yang bagus. Kesesuaian foto dengan produk asli juga termasuk dalam kategori ini.

2. Berikan Bonus

Setiap orang pasti sangat suka dengan yang namanya bonus. Jadi baik sekali, sesekali Anda memberikan bonus kepada pembeli agar mereka setia berbelanja ke toko online Anda. Bonus yang bisa anda berikan dapat berupa potongan harga, gratis ongkir atau dalam bentuk-bentuk lain yang dapat Anda berikan.

Jangan hanya memberikan bonus kepada pelanggan lama atau kepada pembeli yang membeli banyak produk saja, berikan juga bonus kepada pembeli baru. Siapa tahu mereka itulah yang akan menjadi pembeli setia dan merekomendasikan orang-orang untuk berbelanja di tempat Anda.

3. Berikan garansi

Setiap pembeli pasti menginginkan jaminan dan kepastian. Mereka biasanya mencari produk atau jasa yang memiliki garansi. Garansi adalah jaminan bahwa barang atau jasa Anda memiliki kualitas yang bagus. Berikan garansi untuk barang dan jasa yang Anda jual dengan jangka waktu tertentu yang wajar sesuai bentuk dan sifat dari produknya. Jika produk anda mempunyai kualitas yang baik mengapa takut memberikan garansi? Karena garansi akan membuat pelanggan semakin loyal.

4. Mempunyai kelebihan dari toko lain

Dengan banyaknya orang berjualan online, pasti banyak pula yang menjual produk yang sama dengan produk Anda. Jadi supaya pembeli tetap loyal, berikanlah kelebihan dari toko lain. Kelebihan ini bisa dalam hal harga lebih murah, banyak varian seperti warna, rasa atau ukuran lebih banyak, dan fitur yang lengkap.

Dengan kelebihan dibandingkan toko lain akan membuat pembeli tidak akan berpaling kepada penjual online yang lain.

5. Tawarkan menjadi reseller atau dropshipper

Salah satu kelebihan berbisnis online adalah dapat membuka lowongan pekerjaan baru. Lowongan pekerjaan baru di antaranya adalah pembeli yang pernah berbelanja lalu mereka menjadi reseller atau dropshipper.

Setelah produk yang Anda kirimkan diterima dengan baik oleh pembeli, tawarilah mereka untuk menjadi reseller atau dropshipper. Dengan demikian mereka akan selalu loyal berbelanja pada toko online Anda.

Itulah cara membuat pembeli loyal dengan toko online Anda. Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan bisnis Anda semakin maju, dan meraih banyak pembeli setia.

Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.