Cara Mencegah Gejala Flu, Salah Satunya Adalah Hindari Begadang

Flu atau influenza mungkin adalah jenis penyakit yang paling ‘akrab’ dengan kita. Hampir setiap kita pernah mengalaminya, bukan? Dan tentu kita semua merasakan betapa ‘repotnya’ ketika tubuh terserang flu.

Apa itu influenza?

Sebelum kita membahas tentang cara mencegah penyakit flu ini, ada baiknya kita  bahas dulu tentang apa sebenarnya penyakit flu itu.

Influenza atau biasa disebut flu, adalah penyakit yang disebabkan infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan dan paru-paru. Sekitar 20% – 30% orang terserang flu setiap tahunnya.

Kebanyakan orang akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1 – 2 minggu, tergantung dari daya tahan tubuh masing-masing. Namun banyak juga yang mengalami komplikasi serius seperti pneumonia.

Gejala-gejala flu yang umumnya nampak adalah:

  • Hidung berair dan tersumbat
  • Sakit kepala
  • Demam
  • Sakit otot dan rasa kelelahan

Siapa yang memiliki resiko tinggi?

Mereka yang memiliki resiko lebih tinggi mengalami komplikasi serius:

  • Anak-anak antara umur 6 bulan – 19 tahun
  • Orang tua yang telah berusia lebih dari 50 tahun
  • Wanita hamil selama musim flu
  • Orang yang mengalami gangguan kesehatan dalam jangka panjang
  • Petugas kesehatan yang memiliki kontak langsung dengan penderita
✔ Populer :  6 Langkah Alami Mengobati Flu dan Batuk, Yakin Udah Tau Tipsnya?

Cara mencegah gejala flu

Berikut adalah beberapa upaya untuk mencegah penyakit flu.

1. Vaksin Flu

Cara yang paling efektif adalah dengan meminta vaksin flu. Meskipun tidak menjamin 100% terbebas dari flu. Hal ini karena saking banyak jenis virus yang menyebabkan flu. Namun sampai sekarang pemberian vaksin masih menjadi pilihan utama untuk mencegah terkena penyakit flu atau influenza.

2. Hindari terpapar hawa dingin terlalu sering

Semakin sering orang terpapar hawa dingin (air mandi, minuman dingin, ruangan berpendingin udara, angin malam dan sebagainya), maka daya tubuhnya akan menurun, sehingga meningkatkan resiko terkena infeksi virus flu.

3. Cukup istirahat dan makanan bergizi

Sekali lagi kuncinya adalah daya tahan tubuh. Virus flu sejatinya tidak perlu diobati, bahkan di Indonesia penyakit ini tidak dianggap berbahaya. Orang yang terkena flu pun umumnya masih bisa beraktifitas seperti biasa; bekerja, sekolah dan lain sebagainya.

Jika daya tahan tubuh kuat, maka virus tidak akan bisa berkembang dan akhirnya mati oleh antibodi kita sendiri.

Pilihlah makanan yang berprotein tinggi, seperti daging, susu dan telur. Untuk membantu menghangatkan badan, bisa dengan cara minum air hangat, mandi air hangat atau menggunakan obat gosok.

✔ Populer :  Redakan Flu? Lirik 5 Jenis Makanan ini, Dikit-Dikit Jangan Minum Obat!

Hindari juga terkena hujan, terpapar udara dingin terlalu lama. Minum minuman yang hangat seperti wedang jahe, juga dapat membantu, terutama setelah kehujanan, berenang ataupun setelah mengunjungi pantai.

4. Kurangi rokok dan konsumsi alkohol

Dua hal ini sangat merugikan kesehatan. Khususnya lagi ketika sedang terjadi musim flu, rokok dan alkohol dapat menurunkan kondisi kekebalan tubuh, sehingga kalau bisa hindari atau minimal kurangi konsumsi keduanya.

5. Mencuci tangan dengan sabun

Setelah beraktifitas, pulang dari tempat keramaian, pasar atau pun pulang dari kantor, sempatkan untuk selalu mencuci tangan sampai bersih dengan sabun. Virus flu dapat menempel pada benda-benda yang kita sentuh, berpindah ke tangan kita dan akhirnya masuk ke dalam tubuh.

Dengan membiasakan mencuci tangan dengan sabun, akan dapat mencegah berbagai penyakit, termasuk influenza.

6. Tidur dengan cukup, tidak begadang

Tidak diragukan bahwa yang namanya begadang sangat tidak baik untuk kesehatan. Kondisi tubuh ketika kurang tidur akan melemah, dan itu menjadi rentan terhadap serangan berbagai penyakit, khususnya penyakit flu. Untuk itu, pastikan Anda memiliki cukup waktu tidur dan usahakan untuk begadang semalaman.

✔ Populer :  Cegah 4 Penyakit ini Saat Menyerang di Musim Hujan, Tau Caranya?

Nah, itulah beberapa tips untuk mencegah penyakit flu. Namun, jika suatu saat Anda mulai merasakan pegal-pegal, mata terasa panas, bersin-bersin atau batuk-batuk kecil, maka bisa jadi itu adalah gejala-gejala Anda mulai terserang flu.

Jika sudah begini, maka boleh saja Anda minum obat anti flu yang umum dijual di pasaran, tujuannya untuk mengurangi gejala-gejala flu agar tidak terlalu menganggu aktifitas Anda. Dan jika beruntung, Anda tidak jadi terserang flu.

Namun, bila gejala-gejala itu masih tetap bahkan cenderung bertambah, lendir hidung yang tadinya bening dan encer, berubah menjadi lebih pekat dan berwarna kehijauan, itu berarti Anda sudah terinfeksi virus lainnya.

Maka minum ‘obat warung’ sudah tidak memberi manfaat lagi, butuh antibiotik yang tepat untuk mengatasinya. Dan yang terbaik adalah segera pergi ke tempat pelayanan kesehatan atau ke dokter.

Bagaimana? Anda memiliki tips lain untuk mencegah flu? Silakan berbagi melalui kolom komentar.

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.