Cara Menerapkan Self Love

ERUDISI. com – Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan istilah self love dan bahkan kita sendiri pun sering mendengarnya. Lalu apakah yang

Arga Fica

Cara Menerapkan Self Love foto:(pexels)
Cara Menerapkan Self Love foto:(pexels)

ERUDISI. com – Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan istilah dan bahkan kita sendiri pun sering mendengarnya. Lalu apakah yang dimaksud self love? Self love adalah istilah mencintai, menghargai dan mengasihi diri sendiri serta mampu menerima kekurangan dalam diri. juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan mental seseorang.

Ketika seseorang sudah berhasil menerapkan self love di dalam kehidupannya maka rasa syukur dan kebahagiaan selalu dirasakannya, sehingga orang yang berhasil menerapkan self love bisa terhindar dari kecemasan dan ketakutan.

Adapun beberapa hal yang harus kita lakukan untuk memulai self love agar kita bisa benar-benar berhasil menanamkan dan menerapkan self love dalam diri kita, perhatikan berikut.

Dalam Diri :

1. Menghargai Diri

Hargailah setiap usaha yang telah kita lakukan meskipun hasilnya belum sesuai dengan apa yang kita harapkan, hargai semua usahamu dengan tidak menyalahkan diri ketika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi misalnya seperti tidak sengaja melakukan kesalahan cukup perbaiki saja.

Menghargai diri bukan tentang usaha saja namun hargailah bentuk fisik yang telah Tuhan ciptakan untuk kita, jangan merasa malu ataupun insecure karena fisik kita yang kita anggap kurang menarik karena belum tentu orang lain beranggapan sama dengan kita. Bisa jadi apa yang kita anggap kurang menarik lah yang menjadi ciri khas kita dan membuat kita menarik dimata orang lain.

2. Berhenti Membandingkan Diri

Kebiasaan membandingkan diri sendiri adalah kebiasaan yang pernah dilakukan oleh hampir semua orang, membandingkan diri sendiri dengan orang lain merupakan tindakan yang dapat merugikan diri sendiri karena ketika kita membandingkan diri dengan orang lain bisa menimbulkan rasa iri hati kepada orang lain didalam hati kita.

Ketika kita iri dengan seseorang maka kita punya keinginan ataupun rasa penasaran ingin mengetahui aktivitas apa saja yang sedang dilakukan oleh orang yang bersangkutan, sehingga tindakan tersebut dapat mendorong kita mempunyai rasa ingin terus memantau dan memperhatikan setiap apa yang dilakukannya.

Efek sibuk memperhatikan orang lain adalah kita menjadi lupa dengan apa yang telah menjadi tanggung jawab kita misalnya pekerjaan kita, gara-gara sibuk memperhatikan orang lain pikiran kita menjadi kurang fokus sehingga kita tidak bisa fokus terhadap pekerjaan yang kita kerjakan.

Dari pada sibuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain lebih baik fokus terhadap diri sendiri agar bisa terus melakukan yang terbaik.

3. Stop Memikirkan Perkataan Orang Lain

Orang lain memang bebas mau berbicara apa saja tentang apa saja termasuk diri kita namun jangan sampai karena perkataan orang lain yang dapat membuat diri kita merasa down, kita selalu memikirkan perkataan nya setiap waktu hal tersebut dapat membuat diri kita merasa khawatir dan cemas.

Kita harus bisa menyaring semua perkataan orang lain yang ditujukan kepada kita buang semua perkataan maupun komentar negatif tentang kita dan ambillah perkataan yang positifnya saja, karena tidak semua perkataan orang lain pantas untuk kita renungkan dan terus pikirkan karena hal tersebut bisa menyebabkan diri kita menjadi overthinking.

Sebelum mencintai orang lain alangkah baiknya jika kita bisa mencintai diri kita sendiri agar kedepannya kita bisa berbagi rasa kebahagiaan bersama orang yang kita cintai, mencintai diri atau self love juga dapat mencegah rasa insecure hingga kecemasan dalam diri seseorang untuk itu kita harus bisa menerapkannya demi kesehatan mental .

 

Related Post