6 Cara Mengatasi HP Lemot Paling Ampuh

Pernahkan kamu merasakan bahwa smartphone yang digunakan terasa berat atau lemot? Ada banyak sekali faktor penyebab hp panas dan menjadi lemot. Salah satu faktornya adalah terlalu banyak aplikasi dalam ponsel tersebut. Lantas, bagaimana cara mengatasi hp lemot dan panas?

Tips dan Cara Mengatasi HP Lemot

1. Lakukan Update Software ataupun Aplikasi

Software pada ponsel tentunya tidak sempurna, masih terdapat bugs yang harus diperbaiki agar bekerja dengan optimal. Tidak mengherankan apabila beberapa ponsel mendapatkan update software terbaru secara berkala. Updatelah software ponsel kamu jika memang sudah waktunya. Tujuannya adalah agar masalah yang muncul pada sistem sebelumnya sudah diperbaiki.

Melakukan update juga tidak melulu pada software saja, namun juga pada aplikasi yang terinstall. Seperti halnya sebuah sistem, setiap aplikasi juga memiliki problem masing-masing dan biasanya updatenya lebih sering dibandingkan sistem itu sendiri. Maka dari itu, jika terdapat notifikasi untuk update aplikasi, usahakan untuk segera mengupdatenya.

2. Minimalisir Penggunaan Widget

Penggunaan widget pada Android memang membuatnya menjadi lebih menarik. Namun, terlalu banyak widget pada home screen dapat membuat HP menjadi lebih lemot. Hal ini disebabkan oleh penggunaan RAM yang lebih besar ketika shortcut aplikasi tersebut berada di home screen. Tampilkanlah widget yang memang sangat penting di home screen.

3. Gunakan Auto Kill Apps

Ponsel Android memang multi tasking, hal ini dapat dilihat dari Recent Apps ponsel kamu. Semakin banyak aplikasi yang kamu buka sebelumnya dan sedang kamu gunakan, maka semakin banyak RAM yang dikonsumsi. Tidak mengherankan apabila kondisi ini membuat ponsel kamu menjadi lebih lemot.

Adapun cara mengatasi hp lemot adalah dengan menggunakan fitur Auto Kill. Sebagian besar ponsel sudah memiliki fungsi yang seringkali disepelekan ini. Dengan menerapkan Auto Kill, nantinya aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat diberhentikan secara massal.

4. Matikan atau Kurangi Penggunaan Animasi

Penggunaan animasi pada ponsel Android memang membuatnya tampil lebih berbeda. Namun hal ini ternyata dapat mengambil ruang kosong RAM, sehingga membuat ponsel menjadi lebih lambat. Adapun salah satu cara mengatasi hp xiaomi lemot adalah dengan mematikan tampilan animasinya. Jika ingin menggunakan animasi, pilihlah yang sederhana, akan tetapi lebih baik dihentikan saja.

Adapun cara mematikan animasi pada ponsel Android sangatlah beragam. Masing-masing ponsel memiliki caranya masing-masing. Namun, secara default mematikan animasi bisa melalui menu Setting – Developer Option. Nantinya kamu bisa mensetting animasi apa saja yang aktif dan tidak aktif.

5. Rutin Bersihkan Cache Data

Cache merupakan ruang penyimpanan data secara sementara yang berasal dari aplikasi yang kamu gunakan sebelumnya. Adanya cache ini akan memudahkan kamu dalam membuka aplikasi yang digunakan sebelumnya karena datanya tersimpan dalam ponsel. Akan tetapi, jika cache tersebut dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan memberikan dampak pada ponsel.

Ponsel akan menjadi semakin lemot jika terlalu banyak cache yang disimpan. Jika ruang penyimpanan lebih sedikit, maka kinerja RAM juga akan berpengaruh dan tidak heran jika ponsel menjadi lebih panas. Berikut cara mengatasi hp lemot saat internet adalah :

  • Masuk menu Setting, pilih Aplikasi
  • Carilah aplikasi yang kamu inginkan untuk menghapus cache tersebut
  • Klik aplikasi tersebut, lalu pilih Clear Cache

Bisa juga dengan menggunakan cara sebagai berikut :

  • Masuk menu Setting, pilih Storage
  • Pilih menu Cached Data, kemudian klik Ok jika ada pop up yang keluar

Jika kamu tidak ingin repot menggunakan cara di atas, bisa juga dengan mendownload aplikasi pembersih cache yang ringan dan tidak terlalu besar ukuran filenya.

6. Menghapus atau Menghentikan Aplikasi

Setiap ponsel Android tentu memiliki aplikasi bawaan yang jumlahnya lumayan banyak dan memakan RAM yang tidak sedikit. Sisa RAM dan internal yang cukup luas terkadang memang membuat user ingin menginstall aplikasi A-Z. Namun, kebiasaan seperti ini dapat membuat hp menjadi lebih lambat.

Maka dari itu cara mengatasi hp lemot adalah dengan mengurangi aplikasi yang tidak diperlukan. Contohnya adalah aplikasi yang memiliki fungsi yang hampir sama, seperti foto editor dan lain sebagainya. Disisi lain, kamu juga bisa menghentikan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.

Penutup

Cara mengatasi hp lemot di atas bisa dibilang cara termudah yang bisa diterapkan. Jangan sampai smartphone kamu dipaksa untuk menjalankan tugas-tugas yang berat. Mengapa demikian? Karena hal tersebut dapat mempercepat kerusakan ataupun kinerja ponsel yang tidak optimal.