Cara Mengatasi Konten P*rn* di Facebook

Pernahkah anda melihat postingan konten p*rn* yang diposting oleh teman atau malahan akun Facebook anda sendiri, walaupun anda merasa tidak pernah melakukannya?

Ya, sudah banyak Facebooker yang mengeluhkan sebuah akun facebook memposting konten p*rn* tanpa konfirmasi dan tanpa sepengetahuan pemilik akun.

Aksi posting konten berbau p*rn* tersebut disebabkan oleh aplikasi dan virus atau malware yang menyusup di Facebook.

Biasanya cara kerja virus p*rn* tersebut dengan menyamar menjadi update (pembaruan) aplikasi “flash” dan mendorong kita untuk mengklik update flash abal-abal tersebut. Nah, dengan mengklik update tersebut seketika itu juga akun mereka terinfeksi virus bahkan juga dapat menginfeksi perangkat anda.

Selanjutnya akun Facebook yang terkena aplikasi atau virus tersebut akan memposting konten p*rn* tadi dan menandai (tag) beberapa teman atau memposting di grup-grup dimana akun facebook tersebut bergabung. Dengan begitu kemungkinan teman facebook lain akan melakukan kesalahan yang sama.

Jika anda mengetahui akun Facebook anda tiba-tiba memposting konten berbau p*rn*, pasti yang pertama anda pikirkan bahwa akun facebook anda dibajak oleh orang dan sesegera mungkin mengganti password Facebook anda.

Namun cara tersebut tersebut tidak akan membuahkan hasil. Lantaran masalah tersebut disebabkan oleh virus yang menyamar menjadi aplikasi Facebook. Cara yang tepat adalah dengan menghapus aplikasi yang terpasang di akun Facebook anda.

  • Langkah pertama, masuk ke akun Facebook yang bermasalah (sebaiknya via PC), lalu lihat daftar aplikasi yang sudah pernah anda pasang di akun Facebook anda lalu klik “Aplikasi”.
  • Setelah jendela aplikasi terbuka, lihat aplikasi apa saja yang sudah terpasang. Nah, sekarang waktunya melihat aplikasi yang mencurigakan, jika sudah menemukannya, klik ikon roda gigi yang ada di samping kanan aplikasi tadi dan klik opsi “Hapus aplikasi”.

Jika aplikasi yang mencurigakan sudah dihapus, tapi akun anda masih saja memposting konten p*rn*, bisa jadi aplikasi tersebut tersembunyi (hidden).

Untuk melihatnya, saat masih berada di daftar aplikasi, klik menu pengaturan yang terletak di sebelah pojok kanan atas. Dengan memilih opsi tersebut anda bisa melihat semua aplikasi Facebook yang tidak terlihat sebelumnya.

Selanjutnya, anda bisa memilih kembali aplikasi-aplikasi facebook yang mencurigakan dan menghapusnya. Dengan mengklik ikon “ X ” di samping kanan aplikasi mencurigakan.

Sebagai pelengkap, jika anda pernah mengklik konten p*rn*, bisa jadi perangkat anda terserang dan terinfeksi virus berbahaya seperti “ trojan “. Untuk mengatasinya anda dapat memasang anti virus di perangkat anda.

Setelah melakukan langkah–langkah di atas, anda dapat menghapus postingan-postingan yang sudah terlanjur diposting di akun Facebook anda. Caranya sama dengan cara menghapus status yang pernah anda posting di akun Facebook anda.

Hal ini dapat membantu melenyapkan secara total postingan konten p*rn* yang sudah terlanjur diposting di akun facebook anda atau berpotensi muncul di masa depan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here