Kenapa susu bubuk mengumpal
Source Image: blog.jungseed

Cara Mengatasi Susu dan Bumbu Dapur Bubuk Tidak Mengeras

ERUDISI.com – Cara mengatasi susu dan bubuk agar tidak mengeras sangat mudah sekali. Hanya butuh kedisiplinan saja.

Penyebab Bubuk Mengeras/Mengumpal

Kita sering kali kesal saat bubuk susu atau bumbu dapur yang kita punya mengeras. Banyak sebab membuatnya mengumpal, dantaranya.

1. Menggunakan Kemasan Langsung Saat Memasak

Kita sering menyepelekan kebiasaan menuangkan susu bubuk atau bumbu dapur langsung menggunakan kemasan saat memasak atau menyeduhnya. Padahal hal ini menjadi sebab sisanya menjadi mengumpal karena sudah bercampur dengan uap panas dari air mendidih atau kuah/minyak goreng saat memasak.

2. Menyimpannya di Dekat Oven, Kompor atau Microwave

Perlu diingat penyebab utama dari bubuk susu dan bumbu dapur mengeras karena hawa panas yang masuk ke dalam kemasan bumbu. Jadi menyimpan dekat dengan oven, kompor atau microwave akan membuatnya jadi menggumpal.

3. Lupa Menutupnya Setelah Menggunakan

Karena merasa kegiatan memasak itu bisa dilakukan setiap hari, membuat kita abai untuk menutup tempat susu atau bumbu dapur kembali. Apalagi tempatnya lembab jadi pemicu barang ini mengumpal dengan cepat.

Cara Mengatasi Susu dan Bumbu Dapur Bubuk Agar Tidak Mengeras

Pengalaman mengajarkan kita untuk lebih teliti terhadap sesuatu. Termasuk dalam menyimpan susu bubuk atau bumbu dapur. Tentu kita tidak mau mereka berakhir di tempat sampah karena tidak bisa digunakan kembali. Rugi besar.

Agar hal tersebut tidak terulang kembali, berikut cara mengatasinya:

1. Mengatasi Susu dan  Bumbu Dapur  Bubuk Tidak Mengeras: Simpan di Tempat Kering dan Tidak Berhawa Panas

Perlu diingat penyebab utama mereka mengumpal adalah kita menyimpannya di tempat lembab dan juga berhawa panas. Sehingga yang perlu kita lakukan adalah menyimpannya di tempat kering dan jauh dari hawa panas.

2. Gunakan Wadah Kecil Mengambil Isinya

Pastikan juga saat mengambilnya isinya saat memasak menggunakan wadah lain. Usahakan untuk tidak mendekatkannya wadah penyimpanan ke dekat hawa panas saat memasak atau menyeduh air.
Jangan pernah menggunakannya langsung saat memasak ya.

3. Tutup Setelah Menggunakan

Mulailah kebiasaan menutup kembali wadah susu atau bumbu dapur dengan rapat. Pastikan tidak terbuka karena bisa menyebabkan udara masuk. Tutup rapat untuk menghindari kelembaban dan juga menjaga kesegaran susu dan bumbu.

4. Jaga Kelembaban Menggunakan Silica Gel Food Grade

Silica gel food grade sendiri adalah  silica gel yang paling aman digunakan sebagai penyerap kelembapan. Silica gel ini tidak memiliki kandungan bahan yang berbahaya meskipun digunakan sebagai penyerap kelembapan pada makanan kemasan.

Tapi pastikan membeli silica gel yang aman buat makanan ya.

5. Pindahkan Langsung ke Wadah Kedap Udara Setelah Membeli

Setelah kita membeli, biasakan langsung memindahkanya langsung ke dalam wadah kedap udara. Pastikan gunakan kontainer yang berkualitas baik. Terutama dari segi penutup dan kekedapan udaranya.

Kesimpulan

Tentu saja memasak dan menyeduh susu adalah kegiatan rutin yang kita lakukan dan kadang kita sering menyepelekan hal-hal kecil. Padahal inilah yang menyebabkan bubuk mengumpal.

Nah semoga artikel cara mengatasi susu dan bumbu dapur bubuk mengeras diatas bisa mencerahkan ya. Terima kasih telah membaca artikel-artikel kami. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.

Check Also

Penyedap rasa NON MSG

Alternatif Penyedap Alami Pengganti MSG

ERUDISI.com – Masih banyak penyedap alami pengganti penyedap buatan. Monosodium Glutamat atau lebih dikenal MSG …