6 Cara Mengatasi Wajah Kusam dan Hitam Agar Kulit Terlihat Lebih Cerah, No 2 Gampang Banget dan Mudah Dipraktekkan!

ERUDISI.com – Kondisi kulit yang kusam terkadang membuat seseorang terlihat tidak sehat dan dapat menurunkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengetahui

Umam

cara mengatasi wajah kusam dan hitam
6 Cara Mengatasi Wajah Kusam dan Hitam Agar Kulit Terlihat Lebih Cerah, No 2 Gampang Banget dan Mudah Dipraktekkan! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

ERUDISI.com – Kondisi kulit yang kusam terkadang membuat seseorang terlihat tidak sehat dan dapat menurunkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengetahui cara mengatasi wajah kusam dan hitam agar selalu tampak bersinar.

Mengapa kulit menjadi kusam? Kondisi ini bisa dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti polusi, kurang berolahraga, pola makan yang buruk, dan gaya hidup yang buruk.

Bagaimana ?

Lalu bagaimana cara mengatasi wajah kusam dan hitam yang benar dan aman? Yuk cari tahu jawabannya di sini.

Gampang Banget dan Mudah Dipraktekkan, Mengatasi Wajah Kusam dan Hitam

Sebelum mengetahui cara mengatasi wajah kusam dan hitam, penting untuk memahami apa saja penyebabnya.

Kulit kusam merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan tampilan wajah yang tidak tampak sehat, kurang bercahaya dan bergairah.

Selain itu, kulit kusam juga bisa membuat kulit terasa kering dan warnanya tampak lebih gelap dari biasanya.

Cara mengatasi kulit kusam

Kulit kusam merupakan kondisi umum dan dapat diobati dengan beberapa cara sederhana. Berikut beberapa cara mengatasi wajah kusam dan hitam yang bisa kamu coba.

1. Gunakan pelembab dan tabir surya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, aktivitas di bawah sinar matahari langsung dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Oleh karena itu, kulit kusam bisa diatasi dengan menggunakan tabir surya, terutama jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan.

Pilihlah tabir surya atau sunblock yang memenuhi standar untuk melindungi kamu dari efek sinar UVA dan UVB.

Selain tabir surya, usahakan selalu menggunakan pelembap wajah dua kali sehari, terutama pada pagi hari dan menjelang tidur untuk menjaga kelembapan dan menghindari kulit kusam.

2. Lakukan eksfoliasi secara teratur

Ekfoliasi adalah proses pengelupasan sel kulit mati yang merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengatasi kulit kusam.

Sebenarnya sel kulit mati bisa beregenerasi sendiri, namun cara alami ini rupanya kurang maksimal.

Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan eksfoliasi wajah secara rutin minimal 2-3 kali seminggu sebagai cara mengatasi kulit kusam.

Eksfoliasi secara teratur akan membantu mencerahkan kulit wajah, menyembunyikan noda dan kerutan, serta mencegah pori-pori tersumbat.

3. Tidur yang cukup

Selain tubuh, kulit juga butuh istirahat yang cukup. Jika kurang tidur, tidakkah kamu merasa wajah terlihat lelah, kusam, dan muncul mata panda?

Ya, masalah ini bisa diatasi dengan mengubah pola tidur. Usahakan tidur malam yang cukup dan jangan begadang.

4. Kenakan masker

Cara mengatasi wajah kusam dan hitam selanjutnya bisa dilakukan dengan rutin menggunakan masker wajah minimal satu hingga tiga kali dalam seminggu.

Masker wajah akan membuat wajah kamu terlihat lebih cerah, sesuaikan produk masker dengan jenis kulit kamu.

Carilah masker yang mengandung antioksidan, asam hialuronat, shea butter, atau yang mengandung bahan pelembab dan pencerah lainnya.

5. Jangan mencuci muka dengan air panas

Cara mengatasi wajah kusam dan hitam adalah dengan mencuci muka menggunakan air mengalir. Hindari air panas untuk mencuci muka karena dapat menyebabkan iritasi.

Selain itu, saat mencuci muka, gunakanlah sabun pembersih wajah yang aman dan melembapkan.

6. Pilih perawatan kulit yang tepat

Cara mengatasi wajah kusam dan hitam agar tidak terlihat kusam selanjutnya adalah dengan memilih perawatan yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

Perawatan kulit yang buruk terkadang menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat atau kulit tampak kusam.

Lakukan tes sebelum mengaplikasikan produk perawatan kulit baru ke wajah kamu. kamu bisa menambahkan serum yang dapat mencerahkan wajah, seperti vitamin C atau niacinamide.

Akhir Kata

Nah sekarang sudah lebih paham apa saja penyebab dan cara mengatasi wajah kusam dan hitam?

Tak hanya untuk kecantikan, merawat kulit pun penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Dengan kulit yang sehat kamu akan terlihat lebih bersinar.

Bagi kamu yang kebingungan mencari produk terbaru dari baju, barang elektronik, dan yang lainnya, cek langsung di Shopee ya, silahkan klik di link berikut (Shopee).

Selalu ikuti terus artikelartikel menarik lainnya di Erudisi. Tambah ilmu dan pengetahuan sekarang lebih cepat dan mudah.

Related Post