Cara Menggunakan Kalkulator di Pencarian Google

Anda tidak hanya bisa mencari sebuah halaman website di Google, tapi Anda juga bisa menggunakan kalkulator langsung dari halaman pencarian Google.

Kalkulator Google bukan lebih dari sebuah alat penghitung angka. Ia dapat menghitung baik perhitungan sederhana sampai perhitungan yang rumit sekalipun, bahkan dapat mengkonversi dari satuan ke satuan lain.

Anda juga tidak harus membatasi diri untuk hanya menggunakan angka dalam perhitungan. Google mengenali banyak kata dan singkatan, lalu menerjemahkan atau mengevaluasinya.

Kalkulator Google dirancang untuk untuk menyelesaikan persoalan matematis tanpa terlalu banyak menggunakan sintaks matematis secara khusus. Sehingga kadang Anda bisa menemukan hasil perhitungan sebuah persamaan matematika saat melakukan pencarian, bahkan ketika Anda sendiri tidak sengaja melakukan perhitungan matematika.

Untuk menggunakan kalkulator Google, Anda cukup membuka halaman pencarian Google, lalu ketikkan apapun yang ingin Anda hitung. Seperti misalnya, Anda dapat mengetikkan:

5+5

Maka Google akan menampilkan:

5+5=10

Anda juga boleh memasukkan kata: five plus five, dan Google memberi hasil yang sama.

Anda mengetahui bahwa hasil pencarian merupakan hasil perhitungan, karena muncul gambar kalkulator di bagian paling atas hasil pencarian.

Matematika yang lebih kompleks

Google juga dapat melakukan perhitungan matematika yang lebih kompleks, seperti 2 pangkat 5:

2^5

akar pangkat dua dari 400:

sqrt(400)

atau sin dari sudut 60 derajat:

sin(60 degrees)

bahkan Anda bisa mencari berapa jumlah kombinasi item dari sejumlah item:

8 choose 3

akan menghasilkan jumlah pilihan yang mungkin yang terdiri dari 3 item dari sebanyak 8 item, maka hasilnya adalah 56 kombinasi berbeda.

Konversi dan satuan

Google dapat menghitung dan mengkonversi banyak satuan pengukuran, jadi Anda bisa dengan mudah mengetahui, misalnya berapa ounce dalam satuan gram:

oz in g

Google akan memberi hasil: 1 ounce = 28.3495231 grams. Anda bisa menggunakan ini untuk mengubah satuan apapun ke satuan lainnya.

12 m in feet (12 meter dalam satuan kaki)

35 degrees in kelvin (37 derajat celsius dalam satuan kelvin)

Lebih lanjut, Anda juga dapat melakukan perhitungan sekaligus mengkonversi hasilnya ke satuan lain:

25*3 g in oz (25 x 3 gram dalam satuan ounce)

Maka Google memberi hasil: 25 * 3 grams = 2.64554715 ounces.

Sekadar mengingatkan, karena ini merupakan perhitungan berbasis komputer maka Anda harus menggunakan simbol * untuk perkalian, bukannya X.

Google mengenali hampir semua satuan, termasuk berat, jarak, massa, energi, sampai kurs mata uang.

Sintaks matematika

Kalkulator Google dirancang untuk melakukan perhitungan tanpa harus menggunakan format matematis yang terlalu rumit, namun begitu, tetap akan jadi lebih mudah dan akurat jika menggunakan sintaks matematika yang baku.

Sebagai contoh, Anda ingin melakukan perhitungan angka, yang sekilas mirip sebuah angka telepon:

62-877-654-321

Maka Google mungkin salah mengartikannya sebagai data phonebook mereka. Untuk itu Anda bisa memaksa Google agar melakukan perhitungan matematika dengan menambahkan simbol “=”.

62-877-654-321=

Ini berlaku tentunya hanya untuk perhitungan yang memang dapat diselesaikan secara matematis. Anda tidak bisa membagi dengan “0”, dengan atau tanpa tanda “=” sekalipun.

Anda bisa memaksa Google untuk menghitung satu bagian lebih dulu dari bagian lainnya dengan membaginya dalam tanda kurung “()”, seperti:

(2+5)*9

 Simbol matematika lainnya yang dikenali Google, di antaranya:

  • + (penambahan)
  •  (pengurangan)
  • * (perkalian)
  • / (pembagian)
  • ^ (perpangkatan)
  • % (modulo)
  • … root of (angkar pangkat ….)
  • sqrt (akar kuadrat)
  • % of (persentase dari….)
  • In (logaritma basis e)
  • Log (logaritma basis 10)
  • Lg (logaritma basis 2)
  • ! (faktorial)

Dan mungkin masih banyak lagi lainnya. Kalkulator, tidak terdokumentasikan secara lengkap, sehingga mungkin perlu eksperimen-eksperimen untuk menemukan semua fitur-fitur tersembunyinya.

Nah, lain kali, saat Anda ingin mengetahui seberapa banyak 10 liter dalam satuan galon, alih-alih menggunakan tool khusus pengkonversi satuan, Anda tinggal menggunakan penelusuran Google!

Salam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here