5 Cara Paling Efektif Basmi Kutu Rambut Sampai ke Akar-Akarnya!

Erudisi.com – Bunda, pernahkah mengalami kesulitan dalam membasmi kutu rambut pada anak?  Kutu rambut kalau sudah hinggap di Kepala langsung beranak pinak dengan cepat.

Untuk mengatasi masalah kutu rambut, berikut ini Kami sampaikan cara membasminya secara ampuh.

Bahan yang Perlu Dipersiapkan

  • Baby Oil (merk apa saja)
  • Serit rambut
  • Shampo (merk apa saja)

Cara Pemakaiannya Kami Rinci Sebagai Berikut

  1. Oleskan baby oil keseluruh rambut secara merata,sambil dipijat-pijat halus pada kulit kepala.
  2. Setelah itu diamkan selama 15-20 menit. Pada saat pengolesan dan pemijatan biasanya kutu-kutu akan menempel pada tangan.
  3. Setelah didiamkan, serit rambut dengan menggunakan seritan rambut  secara berulang-ulang. Pada saat penyeritan Selain Kutu, telur kutu juga akan ikut terangkat.
  4. Setelah itu keramasi  rambut berulang-ulang dengan menggunakan shampo sampai rambut benar-benar bersih dari baby oil.
  5. Kemudian keringkan dengan handuk khusus dan pisahkan atau langsung dicuci karena kutu sering menempel pada handuk. Jika digunakan kembali,maka kutu yang menempel pada handuk akan kembali ke rambut.

Catatan : Cara Diatas telah dibuktikan Sendiri oleh Bunda “Cindy Shawar Riyanti” dan beliau juga yang telah memberikan tips menggunakan baby oil. Menurut beliau, cara ini 95% sangat ampuh.

Alternatif Lainnya Cara Membasmi Kutu

1. Pakai Kapur Ajaib

  • Siapkan sebatang kapur ajaib
  • Tumbuk halus kapur ajaib kemudian di campur dengan sedikit air hingga membentuk pasta
  • Oleskan pada rambut dan bungkus dengan menggunakan shower cup atau kain kering dan diamkan semalaman
  • Keramasi rambut dengan menggunakan shampo. Kutu-kutu akan mati dan akan jatuh bersama air ketika keramas. Lakukan pemberian shampo 2-3 kali agar rambut bersih dari pasta kapur ajaib.
  • Dengan menggunakan cara ini,kutu-kutu akan mati, akan tetapi telur hanya mati dan tidak bisa menetas. Sebagian telur kutu yang sudah masih tetap menempel pada rambut.

2. Pakai Obat Kutu Reditox

Reditox adalah obat pembasmi kutu yang dapat dengan mudah kita jumpai di apotek. Pengaplikasiannya pun cukup mudah, yaitu mengoleskan reditox ke seluruh rambut secara merata kemudian tutup dengan shower cup dan diamkan kurang lebih 12 jam.

Reditox akan membunuh kutu dan telurnya serta lakukan langkah ini jika dirasa masih terdapat kutu pada rambut.

3. Keramas Menggunakan Shampo

Keramas selain membuat rambut kita bersih,sehat dan wangi juga bisa menghilangkan kutu. Lakukan keramas setiap hari jika merasa terdapat kutu di rambut. Shampo yang bisa digunakan pun merk apa saja yang cocok dengan rambut kita.

Akan tetapi lebih afektif menggunakan shampo merang saat menyadari di kepala sudah tertular kutu.

4. Dibersihkan Secara Manual

Membersihkan kutu rambut juga bisa dilakukan secara manual yaitu dengan mencari secara merata di seluruh permukan kepala dan rambut, atau bisa juga Bunda serit disetiap harinya.

Menggunakan serit harus memiliki ketelitian dan ketekunan yang tinggi, karena kutu rambut bergerak sangat cepat dan bersembunyi diantara rambut dan menyulitkan untuk ditangkap.

Tips Menghindari Penularan Kutu Rambut

1. Hindari Kontak Langsung Dengan Penderita

Terutama pada anak-anak yang kesehariannya berinteraksi dengan banyak teman. Jika salah satu temannya memiliki kutu, maka akan dengan cepat menular ke kepala anak-anak lain.

Dan menariknya, jika salah satu anggota keluarga sudah tertular kutu maka besar kemungkinan seluruh penghuni rumah pun bisa tertular.

2. Rutin Keramas

Jarang keramas menyebabkan kulit kepala lembab dan berminyak. Kondisi ini sangat disukai kutu untuk dihuni. Jadi selalu jaga kebersihan rambut dan kulit kepala agar kutu menjauh.

3. Hindari Menggunakan Barang Bersamaan Dengan Penderita

Menggunakan barang yang sama dengan penderita pemilik kutu maka akan berpotensi tertular. Contohnya menggunakan sisir yang sama, helm, handuk dan lain sebagainya.

Jika tidak ingin tertular, maka hindari menggunakan barang yang sama dengan Penderita, gunakan selalu barang pribadi.

4. Selalu Jaga Kebersihan Rumah

Rumah harus selalu rutin dibersihkan. Terutama tempat tidur seperti kasur, bantal, guling, seprei, sarung bantal dan guling. Sofa dan bagian rumah lainnya pun harus selalu bersih.

Ternyata Seperti Inilah Siklus Hidup Kutu Rambut

Kutu dewasa dapat bertahan selama sebulan dengan nutrisi yang cukup. Akan tetapi kutu dewasa hanya bertahan selama 2 hari jika tidak mendapat nutrisi yang cukup.  Kutu dewasa betina akan bertelur setiap hari sekitar 8 butir telur.

Jadi wajar jika ketika menyadari tertular kutu, pada saat itu kutu sudah banyak. Mengingat perkembangannya yang begitu pesat.

Telur kutu akan menetas sekitar 6-9 hari. Telur kutu yang baru, biasanya diletakan di pangkal rambut dekat kulit kepala. Untuk mengambil telur kutu ini agak sedikit sulit karena telur kutu memiliki perekat dan menempel pada rambut.

Ketika telur kutu menetas, akan lahir bibit kutu baru yang kemudian menjadi kutu dewasa.

Demikian ulasan mengenai kutu rambut dan cara mengatasinya. Semoga informasi yang Kami sampaikan bermanfaat.

BAGIKAN