3 Tips Ampuh Cara Meningkatkan Hasil Panen Tanaman Cengkeh

Masyarakat yang hidup di pegunungan seperti tempat saya biasanya memiliki tanaman cengkeh di sekitar rumahnya. Karena tanaman ini bisa dijadikan sebagai tambahan penghasilan di setiap tahunnya. Karena tanaman cengkeh ini akan berbuah setiap 1 tahun sekali.

Namun kebanyakan masyarakat mendapati hasil panen mereka menurun dari tahun ke tahun. Hal ini terjadi karena masyarakat kurang merawat tanaman cengkih ini dengan baik.

Padahal dengan merawat tanaman cengkih ini dengan baik akan meningkatkan hasil panen di setiap tahunnya. Berikut adalah cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan hasil panen cengkih.

1. Pemupuklah Tanaman Cengkeh Minimal 1 tahun sekali

Setelah tanaman cengkeh dipanen biasanya akan nampak bahwa daun dari tanaman cengkeh ini berkurang. Hal ini terjadi karena tangkai dari buah cengkeh ini memiliki 2-4 daun yang akan ikut terpetik Ketika cengkeh Anda panen.

Hal ini adalah hal yang wajar karena pada saat setelah Anda memanen cengkeh potongan dari tangkai ini akan tumbuh kuncup baru yang akan menjadi daun dan buah baru pada tahun berikutnya.

Pada proses ini pohon cengkih membutuhkan banyak sekali energi dan zat makanan. Biasanya hasil panen di tahun berikutnya akan menurun karena cengkih tidak bisa memproduksi buah secara optimal dikarenakan kurang asupan gizi.

Oleh sebab itu sebaiknya seorang petani minimal memupuk tanaman cengkeh ini satu tahun sekali dengan cara sebagai berikut.

  • Buatlah lubang melingkari tanaman cengkeh. Jarak lubang dari tanaman cengkeh berkisar antara 1 sampai 2 meter tergantung dari besarnya pohon cengkeh yang akan Anda pupuk.
  • Masukkanlah pupuk organik ke dalam lubang tersebut.
  • Tutup kembali lubang tersebut dengan tanah.

Anda bisa menambahkan sedikit pupuk kimia ke dalam pupuk organik. Hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan bahwa pupuk organik Anda adalah pupuk yang telah jadi bukan kotoran baru. Karena kotoran baru yang masih panas biasanya masih terjadi reaksi kimia di dalamnya yang dapat membusukkan akar tanaman.

2. Petiklah Buah Cengkeh di Bawah 2 Daun Pertama

Cengkeh yang dipetik dengan gagangnya (tangkai) akan menghasilkan Kuncup baru yang lebih segar dan lebih cepat. Dari petikan ini nantinya akan tumbuh gagang baru dan juga buah baru. Sedangkan ketika anda memetik cengkeh tanpa daunnya akan membuat hasil panen di tahun berikutnya berkurang karena kuncup daun sulit untuk tumbuh kembali.

3. Biasakan Memetik Cengkeh Dalam Sekali Jalan

Biasanya petani akan lebih senang untuk memanen cengkeh mereka ketika sudah benar-benar tua karena cengkih yang telah benar-benar tua bisa dipetik sekali jalan.

Hal ini berbeda jika panen dilakukan oleh orang-orang awam, karena biasanya mereka memetik tanaman cengkih dengan cara memilih yang lebih tua kemudian meninggalkan yang muda. Padahal cara memetik seperti ini memiliki beberapa kerugian antara lain :

  • Kerusakan pada pohon lebih parah karena dipanjat berkali-kali.
  • Hasil semi pada daun cengkeh juga tidak akan bersamaan sehingga akan menyebabkan tanaman cengkih tidak bisa sami secara bersamaan.
  • Hasil panen berikutnya kurang maksimal. Biasanya tanaman yang dipetik terlebih dahulu akan tua sedangkan tanaman yang dipetik belakangan masih berbentuk kuncup.

Dengan memanen dengan sistem pilih petani harus berkali-kali memanennya dan jika hal ini diteruskan akan menyebabkan cengkih Anda cepat meranggas dan mati.

Oleh sebab itu sebaiknya Anda memanen cengkeh dengan sekali jalan. Karena dengan cara ini cengkih bisa semi secara bersamaan. Sehingga panen di tahun berikutnya bisa dilakukan sekali jalan. Itulah beberapa cara untuk meningkatkan hasil produksi cengkih yang bisa Anda praktekan di rumah.