Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Strategi Judul

Cara meningkatkan pengunjung blog merupakan tehnik yang kerap dicari oleh para blogger yang haus dengan traffic. Tidak dapat dipungkiri, bahwa traffic blog itu menjadi sorotan yang sangat tajam dikalangan para blogger. Oleh karena itu, traffic blog menjadi salah satu pemicu para blogger dalam membangun blog mereka.

Dengan keadaan seperti itu, maka tak heran jika banyak blogger yang terus mengembangkan tehnik bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog mereka. Bahkan banyak pula dari mereka yang rela mengeluarkan kocek untuk mendalami ilmu blogging demi traffic.

Memang, cara meningkatkan pengunjung blog atau traffic blog tidak bisa dilakukan dengan mengandalkan satu tehnik saja, namun banyak tehnik yang harus kita jalani. Dalam tips kali ini saya akan berbagi bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog melalui tehnik judul sebuah artikel.

Mungkin tips saya kali ini agak sedikit berbeda dengan tips-tips bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog pada umumnya, karena sudah banyak yang mengulasnya. Sebagai contoh ulasan dari Dengan Cara Blog yang berjudul cara meningkatkan trafik pengunjung blog dengan cepat.

Menurut saya judul sebuah artikel itu sangatlah kruisial, sebab dengan sebuah judul kita bisa mempengaruhi orang untuk membaca isi dari artikel tersebut. Bahkan menurut salah seorang copywriter ternama, 80% dari pengunjung yang membaca sebuah artikel itu berasal dari ketertarikan mereka ketika membaca sebuah judul artikel.

Itulah alasan saya membuat postingan kali ini. Selain itu, cara meningkatkan pengunjung blog dengan stategi judul ini merupakan kelanjutan dari postingan saya sebelumnya yang mengulas tentang pentingnya menambahkan kata yang memiliki power yang kuat dalam sebuah judul artikel, jika ingin membacanya silakan disini.

Kembali kepada topiknya. Judul atau title sebuah artikel memang memiliki peran yang cukup penting, oleh karenanya kita harus membuatnya agar terlihat unik dan menarik. Selain menambahkan kata-kata yang memiliki power full pada sebuah judul artikel, kita juga harus memperhatikan poin-poin yang akan saya uraikan dibawah ini. Berikut ulasannya:

1. Masukan Kata Kunci (Keyword)

Kata kunci memang erat sekali hubungannya dengan SEO, namun postingan saya ini bukan membahas tehnik SEO, tetapi bisa dikalaborasikan dengan tehnik SEO yang sudah Anda kuasai.

Menurut pakar SEO, judul sebuah artikel itu mendapat perhatian khusus dari mesin pencari, karena judul artikel memiliki format heading 1 (H1). Jadi manfaatkanlah judul dengan sebaik-baiknya, salah satunya dengan menambahkan kata kunci.

Dalam menambahkan kata kunci pada sebuah judul artikel, bisa menggunakan kata kunci utama saja atau bisa juga ditambahkan dengan kata kunci LSI. Tetapi perlu diingat, jika kata kunci LSI sulit untuk digabungkan, maka jangan memaksa umtuk memasukannya. Jadi gunakan kata kunci utama saja.

2. Masukkan Target Pembaca

Ketika kita sedang membuat sebuah artikel, setelah menentukan kata kunci maka perlu diperhatikan juga target pembacanya. Karena dengan menetukan target pembaca, maka kata kunci dalam artikel tersebut akan lebih terarah.

Jika memungkinkan, maka libatkan juga target pembaca pada judul artikel. Namun, jika tidak memungkinkan, poin ini bisa dilewatkan tetapi alangkah baiknya bisa dilibatkan pada judul artikel.

3. Cek Jumlah Karakter Judul

Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa judul yang kita buat tidak terpotong pada hasil pencarian mesin telusur. Jika Anda menggunakan plug in SEO by Yoast, mungkin langkah ini sudah otomatis terdeteksi.

Biasanya mesin pencari itu menetapkan panjang sebuah judul artikel berdasarkan karakter, spasi dan tanda baca termasuk didalamnya. Google, membatasi panjang judul sebesar 60 karakter saja dan selebihnya akan terpotong. Tetapi untuk lebih amannya, buatlah panjang judul sebanyak 55 karakter saja.

4. Cek Judul di Google

Setelah semua poin sudah diterapkan, maka secara garis besarnya judul artikel sudah berhasil dibuat. Tetapi sebelum menetapkannya, ada satu tahap lagi yang harus dilakukan yaitu cek judul di Google.

Mengapa pelu di cek kembali? Langkah ini untuk memastikan judul yang kita buat apakah sudah ada yang memakainya atau belum. Jika judul yang kita buat belum ada yang menggunakannya, maka judul tersebut sudah bisa dipakai. Namun jika sudah ada yang menggunakannya, maka kita harus refisi kembali.

Sampai disini judul artikel Anda sudah berhasil dibuat, dan sekali lagi saya sampaikan bahwa kebanyakan orang yang membaca artikel itu berdasarkan ketertarikan mereka ketika membaca sebuah judul artikel. Sampai disini pula tips dari saya tentang cara meningkatkan pengunjung blog dengan strategi judul.

Wasalam

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here