5 Cara Merawat Motor Matic Paling Mudah

Motor menjadi salah satu transportasi harian yang digunakan di berbagai wilayah Indonesia. Selain karena kemudahan dalam mengendarainya, menggunakan motor membuat seseorang lebih cepat datang ke suatu tempat.

Daripada itu, banyak orang yang memilih menggunakan motor matic dibandingkan motor kopling karena dirasa praktis. Ketika memilih menggunakan motor matic, maka harus berhati-hati dalam proses perawatannya. Cara merawat motor matic sangatlah banyak, berikut beberapa diantaranya.

5 Langkah Mudah Merawat/Perawatan Motor Matic

1. Lakukan Pergantian Oli Secara Berkala

Salah satu hal penting dalam menggunakan motor matic adalah melakukan pergantian oli secara berkala dan pastikan sesuai jadwalnya. Umumnya pergantian oli motor matic dilakukan setiap menempuh jarak 1000 km, sedangkan untuk oli transmisi atau oli gardan dilakukan setelah mencapai 5000 km. Jika lupa dengan satuan jarak KM, maka bisa melakukan pergantian oli setiap 2-3 bulan sekali.

2. Lakukan Servis Rutin

Selain mengganti oli, motor matic juga perlu di servis secara rutin. Service tersebut berupa pembersihan karburator hingga setting pada motor. Pastikan kamu menservisnya di dealer resmi sesuai dengan merek motor yang digunakan. Cara merawat motor matic ini bertujuan agar performanya tetap optimal dan mencegah adanya kerusakan pada perangkatnya, lakukanlah servis rutin setiap 3 bulan sekali.

3. Pakai Bensin Berkualitas

Jangan sekali-kali mengisi bensin di tempat yang tidak resmi seperti pengecer bensin dan sejeninya. Hal tersebut tidak dapat menjamin kualitas dari bensin tersebut, apakah berkualitas layaknya di pom atau tidak. Sebaiknya isi bensin di pom resmi pemerintah karena mutunya sudah pasti terjamin. Jika memang terpaksa membeli di tempat pengecer, maka jangan terlalu sering karena akan mempengaruhi kondisi motor.

4. Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Satu hal yang seringkali disepelekan oleh banyak orang adalah malas mengisi bensin. Bagi pengguna motor matic hal ini perlu diperhatikan dan jangan sampai terjadi secara berkali-kali atau bahkan terlalu sering. Jangan mengisi bensin menunggu sampai benar-benar habis, tapi pastikan sudah terisi sebelum habis total. Kondisi seperti ini akan membuat mesin motor matic menjadi cepat rusak.

5. Lakukan Perawatan AKI Berkala

Memang cukup sulit untuk mengecek dan mengetahui kondisi AKI motor secara pasti, sehingga sebagian besar orang pernah mengalami mati AKI. Kondisi ini akan membuat motor menjadi kehilangan power dan akan mempengaruhi kondisi lain seperti pencahayaan lampu menjadi redup dan sebagainya. Dalam satu tahun, setidaknya gantilah AKI minimal 1-2x agar tetap bekerja dengan optimal.

Penutup

Dengan melakukan cara merawat motor matic seperti di atas setidaknya dapat mencegah ataupun mengurangi resiko kerusakan pada motor. Jika kamu termasuk orang pelupa, catatlah pada notes atau gunakanlah aplikasi pengingat agar tidak terlalu lama menunda service dan segala macamnya. Karena apabila motor matic sudah mengalami masalah, maka akan mempengaruhi kondisi yang lainnya