10 Cara Merawat Rambut Dengan Baik Agar Tidak Rontok

Baik pria maupun wanita, rambut tentunya perlu dirawat agar tidak rontok, menjadi sarang ketombe dan lain sebagainya. Perawatan rambut sendiri bisa dibilang gampang-gampang susah dan perlu rutin agar menjaganya tetap sehat. Ada berbagai macam cara merawat rambut yang mudah dilakukan agar tetap sehat. Apa sajakah itu?

Tips Merawat Rambut Agar Tidak Rontok

1. Gunakan Produk Shampo yang Sesuai

Tips pertama adalah memperhatikan dari segi produk yang kamu gunakan ketika keramas. Setiap orang tentunya memiliki kondisi rambut yang berbeda-beda. Misalkan ada yang rambutnya berminyak, ada pula yang jenis rambut kering, maka dari itu sesuaikan dengan jenis rambut kamu. Jangan sampai salah dalam memilih produk karena nantinya akan berakibat buruk pada kondisi rambut kamu.

2. Jangan Terlalu Sering Keramas

Mungkin ada yang beranggapan bahwa keramas setiap hari dapat membuat rambut bersih dan berkilau. Padahal hal tersebut kurang tepat dan justru akan memperburuk kondisi rambut kamu. Dalam 1 minggu disarankan untuk keramas sekitar 3 kali tergantung dari jenis rambut dan aktivitas yang kamu jalani.

3. Gunakan Air Dingin Ketika Keramas

Air dingin memang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh ketika digunakan untuk mandi, namun hal tersebut juga berlaku ketika digunakan untuk keramas. Penggunaan air dingin dipercaya dapat membantu mencegah rambut rontok hingga memperlancar peredaran darah. Disisi lain, ia juga akan menjaga rambut agar tetap lembut dan mempertahankan kekuatan akar rambut.

4. Gunakan Conditioner Khusus

Seperti halnya moisturizer, conditioner memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan pada rambut dan menambah nutrisi minyak rambut yang hilang setelah keramas. Bagi yang sering mengalami rambut kering, bercabang hingga patah disarankan untuk menggunakan conditioner secara rutin. Pasalnya, jika tidak diberikan conditioner maka rambut akan kekurangan beberapa nutrisi.

5. Hindari Menggosok Rambut

Banyak orang seringkali melakukan pengeringan rambut dengan cara menggosoknya menggunakan handuk. Akibatnya, rambut tersebut akan mengalami kerontokan akibat gosokan yang terlalu kuat dan berulang. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan membungkusnya dengan handuk hingga semua air cukup menyerap di handuk dan biarkan mengering sendiri.

6. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Hair Dryer

Jika kamu sering menggunakan hair dryer bahkan hingga catokan, maka mulai sekarang sebaiknya dikurangi. Pasalnya kedua benda tersebut dapat membuat rambut menjadi lebih kering dan mudah patah. Namun, apabila memang terpaksa menggunakan alat tersebut, sebaiknya gunakan vitamin rambut terlebih dahulu.

7. Jangan Disisir Ketika Masih Basah

Salah satu kesalahan yang seringkali dilakukan dan tidak banyak yang tau bahwa hal tersebut salah adalah menyisir rambut ketika masih basah. Ketika masih basah, sebaiknya dibiarkan sampai benar-benar kering dan jangan disisir. Jika kamu tetap menyisirnya maka persentasi rambut rontok akan bertambah. Terlebih hal tersebut juga akan membuat rambut menjadi kusut dan tidak segar lagi.

8. Gunakan Hair Mask

Agar nutrisi rambut tetap terjaga dengan baik, jangna lupa untuk gunakan hair mask secara berkala. Tidak perlu membeli hair mask yang mahal, kamu juga bisa menggunakan bahan alami yang sudah terbukti. Beberapa diantaranya adalah minyak zaitun, lidah buaya, minyak kelapa hingga madu alami. Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

9. Jangan Warnai Rambut

Beberapa orang ingin tampil lebih beda dengan mewarnai rambut mereka. Mewarnai rambut memang menarik, namun hal tersebut dapat memperburuk kondisi rambut kamu. Terlebih jika kamu adalah pemilik rambut kering, maka perlu berhati-hati ketika memutuskan untuk mewarnainya. Senyawa yang terkandung di dalam pewarna tersebut bisa membuat rambut menjadi lebih kering dan rapuh.

10. Sisirlah Dengan Benar

Menyisir rambut memang bertujuan untuk merapihkan, namun jika terlalu sering justru akan menjadi boomerang tersendiri. Terlebih jika kamu tidak mengetahui tata cara menyisir yang baik dan benar. Cara menyisir yang benar adalah dimulai dari ujung rambut terlebih dahulu, baru kemudian bagian atasnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko rambut kusut ketika disisir.

Penutup

Dari beberapa cara merawat rambut di atas, satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih yang cukup. Jika mineral dalam tubuh tercukupi, secara tidak langsung akan membuat rambut menjadi tidak kering ataupun bercabang.