Cara Mudah Belajar Desain Grafis Bagi Blogger Pemula

ERUDISI.com – Cara mudah belajar desain grafis bagi pemula. Seperti kita ketahui desain yang bagus akan membuat blog kita terlihat menarik dan betah dikunjungi. Hal

Juwita

Panduan belajar desain grafis
Cara Mudah Belajar Desain Grafis (Ilustrasi: Freepik)

ERUDISI.com – Cara mudah belajar desain grafis bagi pemula. Seperti kita ketahui desain yang bagus akan membuat blog kita terlihat menarik dan betah dikunjungi. Hal ini tentu butuh usaha agar tampilan desain blog kita memiliki nilai plus.

Tentu salah satu kuncinya adalah . Belajar desain grafis sebenarnya tak sesulit yang kamu bayangkan. Yuk kita bahas!

Mengenal Konsep Dasar Dalam Belajar Desain Grafis

1. Tipografi

Sebelum memulai mendesain, kita perlu mengetahui dasar dalam tipografi. Tipografi sendiri meliputi tata letak teks, jenis huruf, ukuran, jarak antar huruf, jarak antara baris dan tulisan utama. Ini semua agar desain mudah dipahami.

2. Warna

Selain tipografi, hal berikut yang penting diketahui oleh desain grafis pemula adalah warna. Kamu harus bisa memilih warna yang tepat dan sinkron dengan tulisan kamu.
Misalnya saat menulis mengenai hutan. Pilihlah warna hijau yang senada. Bisa juga saat menulis lingkungan bisa memilih warna hijau dan biru sebagai simbol warna dan warna dasar.
Bisa juga saat kamu menulis mengenai makanan, pilihlah warna-warna yang menarik seperti merah dan orange. Warna ini sangat disukai oleh mata.

3. Konsep Dasar Belajar Desain Grafis: Komposisi

Komposisi disini maksudnya adalah susunan elemen-elemen. Desain yang baik biasanya memiliki keseimbangan, simetri dan proporsi yang sesuai. Komposisi yang tepat akan membuat desain sukses sebagai pendukung sebuah tulisan dalam blog.

4. Layout

Tentu layout sangat penting dalam sebuah desain. Layout berhubungan dengan struktur desain pada umumnya yang berisi penempatan gambar, pemilihan warna, teks dan hal lainnya. Sehingga hasil desain bisa dipahami dan terlihat menarik.

Mengenal Teknik Dalam Desain Grafis

Hal-hal penting yang harus dikuasai oleh seseorang dalam dunia desain adalah diantaranya manipulasi foto yaitu
teknik mengubah foto yang akan dipindahkan ke dalam sebuah karya bisa berbentuk brosur, poster, majalah. Keahlian yang harus dimiliki dalam manipulasi foto adalah menghilangkan, menambah atau mengubah objek sebuah foto.

Teknik lain yang penting kamu kuasai adalah ilustrasi, desain logo, brosur dan poster. Teknik ini sangat menunjang portofolio kamu di dunia lho.

Panduan belajar desain grafis
Cara Mudah Belajar Desain Grafis (Ilustrasi: Freepik)

Software Untuk Belajar Desain Grafis Bagi Pemula

Sebagai pemula dalam dunia desain, kamu wajib tahu dengan beberapa software dalam desain grafis. Banyak saat ini lokhan software untuk memudahkan kamu belajar secara mandiri.

Diantara software yang bisa kamu gunakan adalah , dan . Tapi ketiga software ini butuh keseriusan dalam mempelajarinya. Software tersebut bahkan memiliki versi premium (berbayar)  yang memudahkan kamu dalam belajar.

Sementara software gratis yang bisa kamu gunakan GIMP, Inkscape dan .

Software ini sangat menunjang kamu nantinya dalam belajar mendesain sesuatu baik foto, ilustrasi, infografis dan lainnya. Semua bisa kamu pelajari dengan mudah lewat laptop ataupun gadgetmu.

 

Tips Mudah Belajar Desain Grafis bagi Pemula

  1. Mulailah dengan ciri khas kamu sebagai blogger
  2. Pelajari konsep dasar, teknik dasar dalam desain menggunakan software pendukung
  3. Belajar dari karya para desainer favoritmu
  4. Teruslah memulai jangan berhenti untuk mencoba
  5. Berani menerima saran dari teman-teman atau siapa saja
  6. Buatlah perubahan besar dalam dunia desain versimu

Kuncinya ada pada kreatifitas dan terus belajar sehingga menghadirkan blog yang disukai banyak orang dan membuat mereka betah berlama-lama dalam laman blogmu. Mudah bukan belajar desain grafis.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa temukan selalu jawaban dan inspirasi bersama Erudisi.

Related Post