Cara merawat sepatu putih
Source Image: shutterstock

Cara Mudah Hilangkan Noda pada Sepatu Putih, Dijamin Berhasil

ERUDISI.com – Hilangkan noda pada sepatu putih memang butuh waktu dibanding warna lainnya. Hal ini karena warnanya yang terlalu terang sehingga apapun yang menempel padanya akan terlihat.

Tapi sampai saat ini warna putih tetap jadi warna favorit semua orang. Sepatu berwarna terang ini bisa dikenakan pakaian apa saja dan cocok dibawa kemana saja. Mau bekerja, sekolah, jalan-jalan atau ke tempat lain.

Meski begitu tantangan mengenakan sepatu ini adalah sulit dibersihkan bahkan jika sudah lama akan menguning dan kusam. Karena kondisi itu banyak yang membuang sepatu tersebut.

Solusinya sangatlah mudah kita hanya perlu mencucinya dengan sabar menggunakan beberapa bahan. Alhamdulillah dari pengalaman, sepatu putih kembali baru.

Ini Cara Hilangkan Noda Pada Sepatu Putih

1. Gunakan Sabun Pencuci Piring

Ada dua cara mencucinya, pertama bisa secara manual dan kedua menggunakan mesin cuci. Tapi untuk mesin cuci tidak disarankan untuk sering dilakukan karena akan merusak permukaan sepatu.

Manual: Masukkan 2 sendok teh sabun cuci piring ke dalam baskom berisi air hangat. Rendam 30 menit kemudian sikat bagian membandel atau kotoran yang lengket pada sepatu. Bilas dengan air mengalir.
Usahakan jangan keringkan langsung di sinar matahari

Mesin Cuci; Masukkan air hangat ke dalam mesin cuci. Sesuaikan air dengan banyaknya sepatu. Perbandingan air dan sabun cuci piring 1:2. 2 sdt pencuci piring untuk 1 ember air dan kelipatannya. Biarkan sekitar 15 menit. Kemudian putar sepatu tersebut dan biarkan mesin cuci melakukan pekerjaannya. Keringkan di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari.

2. Hilangkan Noda Sepatu Putih: Gunakan Pasta Gigi

Dari pengalaman kami memiliki sepatu putih agar kotoran yang menempel bisa hilang, kami menggunakan pasta gigi. Pilihlah pasta gigi non gel.

Caranya: Ambil sedikit pasta gigi kemudian sikat memutar pada bagian yang terkena noda. Biarkan sejenak hingga pasta meresap ke permukaan. Lalu sikat lagi dan bersihkan di air mengalir.

Sementara itu untuk rekomendasi cuka, baking soda dan pemutih pakaian tidak terlalu kami rekomendasikan. Karena beberapa kali mencoba menggunakannya, sepatu putih menjadi menguning dan kusam.

Kesimpulan

Tentu saja saat kita memilih sepatu putih maka kita sudah siap dengan semua konsekuensi. Seperti noda yang terlihat, warna menguning dan kusam.

Tapi tak perlu khawatir yang penting kita lakukan adalah merawatnya dengan tepat.
Diantara cara merawatnya adalah dengan menyimpannya di dalam ruangan dan lebih disarankan di dalam box sepatu, bersihkan secara rutin dan menggunakannya saat jalan-jalan di dalam ruangan, cuaca cerah dan tidak hujan.

Jika kita terjebak saat hujan, bisa menggunakan plastik pelindung sepatu saat hujan atau becek.

Terima kasih telah membaca artikel dengan judul “Cara Mudah Hilangkan Noda Pada Sepatu Putih, Dijamin Berhasil”. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi. Semoga menginspirasi.