2 Cara Root Android Advan S35D dengan Sukses

Sebelum me-root android advan s35d ini tentunya banyak yang harus dipersiapkan karena kita akan me-rootnya melalui komputer. Namun sebelum mempersiapkan alat alat yang akan digunakan maka Kami akan sedikit memberikan apa yang disebut dengan hak akses root.

Pengertian Rooting Pada Android

Secara garis besar pengertian root pada android sebenarnya agar kita mendapat hak akses root yang dimana jika mengunduh aplikasi yang membutuhkan root maka aplikasi tersebut dapat berjalan bagaimana semestinya.

Selain itu, root juga berfungsi untuk kita dapat mengakses penuh pada file sistem yang ada pada android tersebut.

Tujuan Rooting Pada Android

Jika kita hendak me-root sebuah android sebaiknya pikirkan dahulu untuk apa tujuan me-root ponsel pintar ini karena me-root android sama saja kita membajak ponsel kita sendiri.

Jika tidak ada tujuan sama sekali lebih baik urungkan untuk me-root ponsel android tersebut karena ponsel yang sudah diroot akan menghilangkan garansi pada ponsel android tersebut.

Sekarang, kita kembali ketopik cara me-root android Advan s35d yang berspesifikasi sebagai berikut :
Cpu : Single Core 1000 MHZ
Ram : 256 MB
Memory Internal : 512 MB

Bahan Bahan yang Perlu Dipersiapkan

  1. Driver Spreadtrum
  2. Root Genius for PC / KingoRoot

Catatan
Baca dahulu petunjuk berikut ini sampai selesai baru ambil kesimpulan!

Cara Melakukan Rooting

1. Pasang Driver Spreadtrum

Cara memasang driver cpu bertipe spreadtrum ini memang tidak semudah seperti memasang driver cpu yang bertipe Mediatek. Jika kita memasang driver cpu bertipe mediatek sekali klik selesai maka tidak dengan driver cpu yang bertipe spreadrtrum.

Jika menurut versi kami, sebenarnya lebih mudah memasang driver tersebut dengan menghubungkan ponsel tersebut ke komputer, lalu komputer akan mendeteksi dan akan memasang driver tesebut.

Disaat komputer ingin memasang driver tersebut, lalu kita pasang dengan memasang manual dengan cara pilih instal manual dan arahkan pada folder yang berisi driver spreadtrum dan biarkan komputer mendeteksi sendiri file mana yang cocok untuk driver ponsel.

✔ Populer :  Cara Check Android yang Sudah Di-Root

Jika driver sudah terpasang, maka akan ada keterangan bahwa driver spreadtrum tersebut sudah siap digunakan dan saatnya kita hidupkan ulang komputer agar driver tersebut bisa berjalan dengan normal.

2. Pasang KingoRoot

  1. Unduh terlebih dahulu program kingoroot versi untuk komputer dengan berekstensi exe.
  2. Pasang kingoroot tersebut dikomputer kita terlebih dahulu.
  3. Jika sudah terpasang lalu buka kingoroot.
  4. Sekarang saatnya pasang kabel usb ponsel kita dan aktifkan usb debugging pada opsi pengembang.
  5. Jika ponsel sudah terhubung ke komputer maka seharusnya kingoroot sudah bisa mendeteksi tipe ponsel kita.
  6. Lalu lanjutkan dengan menekan tombol root pada kingoroot tersebut.
  7. Jangan lakukan apa apa jika kingoroot belum selesai melakukan tugas root tersebut.
  8. Biasanya dipertengahan proses ponsel akan mati dan hidup kembali secara otomatis. Jangan khawatir, karena ponsel tersebut mati atas intruksi dari kingoroot tersebut.
  9. Setelah kingoroot selesai me-root ponsel jika berhasil akan ada kata SUCCES pada layar, namun jika gagal akan ada keterangan kata FAILED pada layar.
  10. Jika sudah berhasil me-root ponsel kita  saatnya kita cek pada ponsel tersebut sudah ada atau belum aplikasi yang bernama ‘Kingo Super User’ jika sudah ada maka ponsel kita sudah berhasil di-root.
  11. Untuk memastikan root sudah berjalan atau belum bisa unduh aplikasi di Google Play Store bernama Root Checker.

Kesimpulan Root Menggunakan KingoRoot

Yang kami temui jika kita menggunakan kingoroot memang ponsel akan ter-root, namun pada saat kami akan menghapus salah satu aplikasi sistem ternyata tidak terhapus karena posisi ponsel tersebut dalam mode Read Only. Read Only artinya hanya bisa terlihat saja tanpa bisa mengubah atau menghapusnya.

✔ Populer :  Cara Mudah Root Tanpa PC Samsung Galaxy Tab 3V

Lalu kami mencoba mengunduh aplikasi bernama System Ro/Rw lalu menjalankan aplikasi tersebut dan mecoba meng-klik kolom System Rw, namun tetap saja sistem tidak beralih dari System Read Only ke mode System Read Write.

Jika kita berhasil ke mode Read Write maka kita baru bisa memodifikasi apa yang ada pada sistem android karena mode Read Write adalah sistem mampu dibaca dan ditulis (menambah, menghapus dan memodifikasi).

Dengan me-root ponsel android advan s35d menggunakan kingoroot maka dalam hal ini kami anggap GAGAL dan kami memflashing kembali android tersebut. Kami mencoba mencabut hak akses root atau Un-root sudah tidak bisa dikarenakan sistem hanya mode Read Only.

Setelah memflashing ulang, maka sistem sudah baru kembali dan siap di-root menggunakan Root Genius pada komputer.

Pasang Root Genius pada Komputer

  1. Unduh terdahulu program root genius yang versi untuk pc
  2. Jika kingoroot harus dipasang maka root genius tidak perlu dipasang karena root genius bersifat Portable
  3. Jalankan root genius pada komputer dan root genius akan mendeteksi ponsel
  4. Aktifkan usb debugging pada ponsel yang berada pada pengaturan opsi pengembang
  5. Jika ponsel sudah terdeteksi maka klik kolom root yang ada pada layar komputer
  6. Jangan lupa beri izin pada ponsel jika ada ada pemberitahuan meminta izin dari komputer
  7. Jangan lakukan apapun ketika rootgenius sedang melakukan root
  8. Jika menggunakan kingoroot ponsel akan mati dan hidup kembali maka dengan root genius ponsel tidak sampai melakukan perintah mematikan dan menghidupkan ulang ponsel tersebut
  9. Ketika ponsel sudah berhasil diroot maka dilayar akan ada keterangan SUCCES dan jika gagal maka akan ada keterangan ROOT FAILED
  10. Bila sudah ada keterangan SUCCES maka saatnya kita cek kembali ponsel kita sudah ada atau belum aplikasi yang bernama Kingroot. Jika sudah dipersilahkan membuka aplikasi tersebut lalu coba hapus salah satu aplikasi sistem yang bernama bbm, jika bbm bisa terhapus maka ponsel sudah bisa dimodifikasi sesuai keinginan.
✔ Populer :  Literata, Font Resmi Terbaru untuk Google Play Book

Catatan:
Jika pada aplikasi bbm kamu sudah terdapat akun maka jangan menghapus bbm namun bisa menghapus aplikasi lain misal, namun jika kamu masih pemula dalam memodifikasi lebih baik tidak usah menghapus aplikasi sistem apapun karena bisa saja ponsel bootloop atau mati suri.

Coba mengunduh aplikasi bernama Root Explorer, jika sudah terpasang lalu jalankan aplikasi tersebut beri hak izin jika ada pemberitahuan dari kinguser lalu arahkan pada folder “system>app” dan coba klik bagian Mount Ro/Rw yang ada pada bagian tengah atas.

Jika kolom yang tadinya Ro bisa berubah menjadi ke Rw maka ponsel kamu sudah bisa dimodifikasi. Namun jika kita klik kolom Ro/Rw tidak mau beralih tetap seperti semula, berarti ponsel bisa dipastikan masih dalam mode Read Only atau Ro.

Unduh kembali aplikasi yang bernama Mount System Ro/Rw lalu jalankan aplikasi tersebut dan klik pada kolom Sytem Rw, beri hak akses root atau izinkan jika ada peringatan.

Keterangan : Deny > Tolak , Allow > Izinkan.

Kesimpulan :
pada saat ini ponsel android advan s35d sudah rooted menggunakan root genius tersebut dan juga sudah bisa dimodifikasi sebagian atau sepenuhnya yang ada pada sistem.

Menurut beberapa sumber, hanya menggunakan aplikasi kingroot saja sudah mampu me-root ponsel ini. Jika gagal? Silahkan ikuti pentunjuk yang ada diatas.

BAGIKAN