Dampak anak sering dibentak dan dimarahi
Ilustrasi Anak

Dampak Anak Sering Dibentak, No 7 Orang Tua Pasti Menyesal

ERUDISI.com – Dampak anak sering dibentak sangat banyak lho.  perlu  menyadari setiap yang orang tua lakukan itu semua akan berpengaruh pada anak-anak kita. Jadi perlu sangat memperhatikan setiap tindakan kita.

Ini 7 Dampak Anak Sering Dibentak

Anak Tumbuh Jadi Pribadi yang Suka Marah

Banyak sekali kita temui anak-anak menjadi pemarah tanpa alasan. Padahal itu semua akibat orang tua lakukan pada mereka. Karena membentak dan marah mereka akibat yang mereka lihat dari orang tuanya juga. Maka berusahalah.menahan marah dan membentak saat berhadapan dengan anak-anak.
Dampaknya tidak hanya di lingkungan rumah tapi juga dan tempat mereka bermain. Mereka suka membentak dan memarahi orang tanpa alasan..

Dampak Anak Sering Dibentak: Mereka Akan Mulai Menutup Diri

Ya banyak sekali kita temui anak-anak yang sering menutup diri mereka dengan kehidupan luar. Hal ini karena mereka orang tua mereka sering memarahi dan membentak mereka. Mereka kadang jadi sulit bergaul dan beradaptasi dengan luar.. Bahkan menjadi orang yang suka mencurigai orang lain tanpa alasan.

Anak Tidak Percaya Diri

Luapan emosi orang tua yang meledak pada anak sering kali membuat anak akhirnya benci dengan orang tua mereka. Bahkan sering melarikan diri dari orang tua. Mereka merasa serba salah dengan yang mereka lakukan. Akhirnya mereka menjadi pribadi yang tidak percaya pada diri sendiri.

Cenderung merasa tidak bisa membuat orang tua mereka bahagia dan senang dengan apa yang anak lakukan.

Anak Tidak Mencoba Hal Baru

Jika orang tua sering memarahi anak maka mereka akan sulit untuk memulai mencoba hal baru. Mereka akan pasif dan tidak mau berurusan dengan hal yang ribet. Karena akan menyulut marah orang tuanya. Tentu saja ini tidak baik sekali untuk anak-anak kita. Apalagi mempersiapkan mereka tangguh di zamannya.

Tidak Percaya Lagi Pada Orang Tua

Inilah pemicu anak sering sekali akhirnya melawan kepada orang tuanya. Mereka tidak percaya lagi bahkan memilih menghindar dari orang tua mereka. Bahkan mereka sering berbohong agar terhindar dari marahnya orang tua.
Paling ekstremnya ketidakpedulian mereka pada orang tuanya hilang tertelan bumi karena terlalu sering kita bentak.

Malas Mendengar Omongan Orang Tua

Betapa banyak orang tua mengeluhkan bahwa anak-anak mereka sulit menerima nasehat dan mendengarkan orang tua. Tahukah semua itu akibat ulah orang tua sendiri.

Anak Menjadi Depresi

Hal paling menyedihkan dengan bentakan dan amarah orang tua adalah anak menjadi depresi..Dia merasa tidak berguna lagi hidup. Karena apapun yang dirinya temukan hanya rasa marah, marah dan amarah. Sungguh menyedihkan kita menemukan anak-anak yang stress dengan perlakuan orang tuanya sendiri.

Jadi itulah dampak anak sering dibentak? Semoga kita bisa mengambil pelajaran dan bisa menahan emosi untuk tidak membentak dan memarahi anak tanpa alasan yang jelas. Marahlah dengan elegan dan bukan dengan luapan emosi yang meledak-ledak. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa bagikan artikel ini ya. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari di Erudisi. Terima kasih.

 

Check Also

7 Kegiatan Seru Saat Anak Liburan Meski di Rumah (Sumber foto:pixabay)

7 Kegiatan Seru Saat Anak Liburan Meski di Rumah

ERUDISI.com – Hari libur sekolah telah tiba pasti kita sebagai orang tua ingin sekali membuat …