Dampak Negatif Bermain Ponsel sebelum Tidur

Apabila kita sudah kecanduan terhadap ponsel, kita pasti akan sulit meninggalkan smartphone tersebut walau hanya beberapa menit saja.

Akan tetapi banyak di antara kita terlalu kecanduan terhadap smartphone bahkan hingga sebelum tidur sekali pun, kita masih sempat bermain dan mengecek smartphone, bahkan di dalam keadaan yang gelap sekalipun. Tentu, hal ini menjadi sesuatu yang tidak baik apabila dilakukan secara terus-menerus.

Masalah ini timbul karena adanya cahaya biru yang dipancarkan dari smartphone yang sebenarnya cahaya ini berguna untuk membuat para penggunanya mampu melihat layar dengan nyamannya di bawah sinar matahari.

Akan tetapi, jika smartphone digunakan dalam kondisi cahaya yang gelap, cahaya yang berasal dari smartphone yang terlalu terang justru tidak baik bagi kesehatan dan bisa menimbulkan bahaya bagi tubuh kamu. Berikut ini beberapa bahaya bermain ponsel sebelum tidur yang bisa memberi efek kepada tubuh kalian.

Daftar Isi

1. Otak Menjadi Lelah

Biasanya, yang sering terjadi saat bermain ponsel justru membuat kamu menjadi lupa akan waktu serta lalai dari jam tidur yang kamu miliki. Hal ini akan membuat otak menjadi cepat lelah dan untuk melakukan suatu aktivitas pada hari selanjutnya menjadi akan kesulitan untuk belajar atau bekerja karena diakibatkan oleh kurang tidur serta otak yang masih lelah untuk beraktivitas.

2. Mata Menjadi Rusak

Hal ini juga menjadi salah satu kerusakan yang cukup sering terjadi karena jika mata terlalu lama menatap pada layar smartphone, serta terpapar oleh cahaya biru yang berasal dari smartphone, maka nantinya akan membuat retina mata menjadi lebih tegang, bahkan dari beberapa peneliti menyebutkan apabila terlalu lama dengan kebiasaan tersebut, maka bisa menyebabkan penyakit katarak.

3. Obesitas

Kurang tidur ternyata juga bisa menyebabkan hormon lain menjadi terganggu, di mana hormon tersebut yang mengendalikan rasa lapar. Semakin sering terjaga di waktu malam hingga berlarut-larut, maka hormon tersebut akan bekerja untuk selalu memberi sinyal agar menambah energinya dengan cara rasa lapar. Hal ini tentu ada kaitannya dengan sering makan di jam yang sudah terlalu larut hingga malam, maka menjadi salah satu faktor penyebab resiko terjadinya obesitas.

4. Gangguan Saraf

Kebiasaan kecanduan akan smartphone sebelum tidur bisa menyebabkan kurang tidur serta nantinya hal ini membuat neurotoxin menjadi meningkat, hingga pada akhirnya menyebabkan sulitnya untuk mendapatkan waktu tidur yang nyenyak atau biasa disebut dengan tidur yang berkualitas.

5. Mengakibatkan Depresi

Melatonin adalah hormon yang diproduksi di dalam tubuh untuk memberikan tidur nyenyak bagi tubuh manusia. Akan tetapi, apabila melatonin sudah terganggu, maka akan menyebabkan kamu menjadi lebih sulit tidur. Bahaya bermain ponsel sebelum tidur ini juga bisa menyebabkan depresi jika kalian terlalu sering kurang tidur.

Siswa yang mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here