Definisi Source Code (Kode Sumber)

Adalah instruksi-instruksi yang ditulis oleh progammer untuk memberitahu komputer atau perangkat lainnya bagaimana ia ‘melakukan’ sesuatu, atau apa yang dilakukan oleh sebuah software.

Programmer (orang yang membuat program komputer), biasanya menulis kode sumber dalam bahasa yang dapat ‘dimengerti’ oleh manusia, lalu menyimpan kode tersebut dalam plaintext editor, yang kemudian secara kolektif bersama dengan file-file lainnya membentuk sebuah software yang lengkap.

Namun, sebelum komputer dapat menjalankan software, kode sumber harus diterjemahkan terlebih dahulu baik ke dalam kode mesin (machine code) atau kode bit (bytecode). Meski secara teknis, adalah mungkin (dengan kondisi tertentu) untuk menerjemahkan kode mesin atau kode bit ke dalam bentuk yang dapat dibaca manusia (source code), hal ini amat lah sulit, tepat tepat atau tidak lengkap.

Pada software open source, selalu tersedia source code program, sehingga pengembang aplikasi lainnya bukan hanya dapat melihat kode sumber, namun juga boleh memodifikasinya sesuai kebutuhan mereka.