Destinasi Wisata di Payakumbuh

Virus travelling memang sudah menyebar hampir keseluruh kalangan masyarakat Indonesia mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pun tidak ingin ketinggalan untuk menikmati indahnya alam Indonesia. Baik itu pantai, air terjun, tempat-tempat pemandian, taman yang indah, jembatan, sampai puncak gunung pun tak ketinggalan untuk dikunjungi. Berbicara tentang travelling, kali ini saya akan memaparkan destinasi wisata yang eksotis di daerah Payakumbuh dan kabupaten 50 kota

1. Goa Ngalau Indah

Goa Ngalau Indah

Gua Ngalau Indah merupakan sebuah gua yang terletak di dikawasan hutan lindung sehingga udara disana masih segar dan bersih. Untuk menuju ke Goa Ngalau Indah ini anda harus sedikit berjuang melewati jalan yang menanjak karena lokasinya didaerah perbukitan. Berwisata ke Gua Ngalau Indah ini memang akan memanjakan mata anda karena anda bisa menyaksikan berbagai ornamen yang terukir secara alami, selain itu anda juga daat mendengarkan suara ribuan kelelawar yang bersembunyi di dalam gua tersebut.

Goa yang indah ini terletak di gerbang masuk Kota Payakumbuh. Untuk menuju wisata Gua Ngalau Indah ini akan memakan waktu sekitar 4 jam perjalanan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM)

2. Kapalo Banda

Kapalo_Banda[1]

Kapalo Banda Taram merupakan salah satu wisata alam dengan pemandangan yang hijau serta air-nya yang segar. Kapalo banda taram sendiri, dulunya hanya merupakan saluran irigasi, tetapi kini setelah adanya sedikit pembangunan, akhirnya menjadi objek wisata yang mampu menyedot wisatawan dengan tampilan panorama alam yang menakjubkan. Kapalo Banda terletak di Kenagarian Taram, Kecamatan Harau, Payakumbuh, Sumatera Barat. Untuk menikmati indahnya wisata Kapalo Banda ini anda bisa menggunakan rakit yang disewakan warga sekitar.

Untuk menuju lokasi inipun tidak begitu sulit karena anda bisa menggunakkan kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain itu pula anda bisa menggunakkan kendaraan umum yang melintas di dekat objek wisata ini. Jika anda datang dari Ibukota Padang, anda bisa langsung menuju kota Payakumbuh dengan menggunakkan bus ataupun travel.

3. Batang Tabik

Batang_Tabik[1]

Pemandian Batang Tabik memberikan suasana kolam pemandian yang masih tampak alami dengan suasana alam yang segar serta air yang jernih. Kolam pemandian ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan ketika berkunjung ke Kota Payakumbuh. Objek wisata alam berupa Pemandian Batang Tabik memiliki luas wilayah sekitar 1 hektar, tak hanya memberikan wahana untuk bermain air saja. Air jernih yang ada di kolam pemandian ini pun ternyata berasal dari sumber air alami yaitu berasal dari air yang ada di perbukitan serta ada cerita yang mengatakan juga bahwa air di kola mini berasal dari Danau Singkarak.

Lokasi dan Transportasi Letak dari Pemandian Batang Tabik sangat mudah untuk di temukan, karena lokasinya yang berada di perlintasan jalan raya provinsi yakni jalan yang menghubungkan tiga kota, Bukit Tinggi-Payakumbuh-Pekanbaru yang berada di Provinsi Riau. Secara administratif Pemandian Batang Tabik berada di Nagari Sungai Kamuyang, Kecamatan Luak. Letaknya pun berada di pinggir jalan sehingga tidak sulit untuk di temukan. Jaraknya dari pusat kota Payakumbuh juga tidak begitu jauh, hanya sekitar 5 kilometer saja. Selain itu, karena lokasi yang berada di perlintasan jalan utama, anda bisa menggunakkan beberapa jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Anda tinggal menyusuri jalan raya yang menghubungkan tiga kota tersebut.

4. Gunung Bungsu

Gunung Bungsu

Gunung Bungsu topografi dari kota Payakumbuh yang berbukit-bukit serta berada di dataran tinggi, tentunya membuat kota ini cukup kaya akan objek wisata alam. Salah satu diantara kekayaan alam itu adalah, berdirinya sebuah bukit yang dinamai dengan Gunung Bungsu atau Gunung Bonsu. Di gunung Bungsu ini anda bisa menikmati permainan paralayang.

Lokasi dan Transportasi Gunung Bungsu yang berada di kawasan Payakumbuh ini, berada di Kenagarian Taeh Bukik, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Anda cukup mengikuti petunjuk jalan, atau jangan segan untuk bertanya pada penduduk sekitar agar anda tidak salah jalan. Untuk naik ke atas Gunung Bungsu, anda bisa menitipkan kendaraan anda di rumah penduduk.

5. Air Terjun Lubuk Batu Bulan

Air Terjun Lubuk Batu Bulan

Air terjun bukanlah hal yang asing dengan wilayah yang memiliki topografi berbukit-bukit seperti Payakumbuh. Salah satu diantaranya adalah air terjun lubuk batu bulan yang memiliki keunikan tersendiri yang tidak dapat ditemukan pada air terjun lainnya, sehingga banyak wisatawan yang ingin melihat langsung keunikkan air tejun tersebut. Tak hanya mencoba kesegaran air yang ada, anda bisa berkemah dengan nuansa malam yang akan memberikan keindahan. Bahkan, anda bisa mendirikan tenda di bagian dekat gua yang mengaliran air terjun ini. Kesejukkan tentunya akan sangat terasa, apalagi sambil memandangi bintang-bintang yang makin terlihat jelas di langit dengan suasana alam yang masih sangat alami.

Lokasi dan Transportasi Lokasi dari air terjun ini berada di Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota, Payakumbuh, Sumatera Barat. Tepatnya berada di kawasan Jorong Balai Koto Tinggi Kubang Balambak. Sayangnya, untuk menuju lokasi objek wisata ini cukup sulit, tetapi, keunikkan air terjun ini menjadi asset tersendiri yang mengundang wisatawan untuk mendatanginya.

Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here