Dua Cara Membersihkan Screen Film Sablon yang Membandel

Salah satu hal yang sangat dibenci oleh tukang sablon adalah ketika mencuci screen sablon mereka. Karena ketika screen sablon telah digunakan kemudian tidak langsung dicuci biasanya akan sangat sulit untuk dibersihkan. Banyaknya pesanan yang dikerjakan, biasa jadi penyebab mereka tidak sempat untuk langsung membersihkan screen sablon yang telah digunakan.

Mereka lebih memilih untuk membuat banyak film dan membeli banyak screen agar bisa mengerjakan proyek yang lain, sementara screen yang masih kotor ditinggalkan begitu saja. Namun parahnya ketika mereka akan membersihkan screen sablon mereka, cat sablon dan juga film di dalam screen mereka sudah mengering dan mengeras. Inilah yang menyebabkan screen sablon sangat sulit sekali untuk dibersihkan.

Di bawah ini ada 2 trik untuk membersihkan screen sablon yang sudah mulai mengering dan sukar untuk dibersihkan.

1. Gunakan kristal cleaner

Di daerah saya serbuk ini dinamakan kristal, Anda bisa membelinya di toko perlengkapan sablon terdekat. Larutkanlah dengan air jernih, setelah kristal ini larut secara merata, gunakanlah sikat gigi bekas untuk menggosok screen sablon Anda.

Gosok secara perlahan dan merata di bagian depan dan belakang, setelah itu bilaslah dengan air bersih. Kristal ini dapat melarutkan obat afdruk sablon sehingga screen film Anda bisa bersih secara maksimal.

2. Gunakan Larutan M3

Setelah obat afdruk sablon bersih secara merata, biasanya cat sablon yang sudah mengering sebagian kecil masih menempel di screen. Meskipun samar namun cat sablon masih menutupi pori-pori dari screen sablon, sehingga tidak bisa digunakan untuk menyablon kembali.

Solusinya adalah dengan menuangkan larutan M3 ke dalam botol bekas kemudian celupkan sikat gigi yang lain, yang tidak tercampur dengan larutan kristal. Setelah itu gosoklah secara merata, baik di depan maupun di belakang screen sablon.

Tuangkanlah sunlight atau sabun cuci piring ke atas screen sablon Anda yang sudah anda ratakan dengan larutan M3. Gosoklah secara merata hingga larutan M3 larut ke dalam sabun pencuci piring, kemudian bilaslah dengan air bersih.

Setelah itu Anda akan melihat hasilnya: screen sablon Anda akan tampak seperti baru. Inilah dua cara yang bisa anda coba agar screen sablon Anda bisa digunakan untuk menyablon kembali.