Rekomendasi Eksfoliasi untuk pemula
Source Image: Healthline

Rekomendasi Eksfoliasi Sesuai Jenis Kulit

ERUDISI.com – Ini rekomendasi sesuai jenis kulit bagi pemula. Realitanya banyak dari kita hanya mengetahui produk scrub, tetapi tidak tahu apakah eksfoliator tersebut tepat untuk kita.

Banyak juga yang salah membeli produk eksfoliator. Akibatnya malah memperparah kondisi kulit mereka. Nah, kali ini kita akan bahas mengenai hal ini. Mulai dari mengenal eksfoliator itu sendiri, manfaat hingga rekomendasi eksfoliator sesuai jenis kulit pemakainya.

Eksfoliasi dan Manfaatnya

Seperti kita ketahui eksfoliasi merupakan proses pengangkatan sel kulit mati dari permukaan kulit. Bisa menggunakan bahan kimia maupun alami.

Sementara eksfoliator adalah tahapan skincare untuk mewujudkan hal tersebut.

Manfaat kita melakukan eksfoliasi pada kulit adalah mengangkat sel kulit mati, meratakan warna kulit, mencegah jerawat, mencegah kerutan, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen dan membersihkan pori-pori.

Istilah lain untuk mengangkat sel kulit mati sering juga kita sebut dengan scrubbing. Tapi scrubbing lebih ke dengan cara natural menggunakan bahan-bahan yang alami seperti madu, gula dan kopi.

Cara kerjanya adalah dengan menggosokkan bahan tersebut ke area kulit kemudian membiarkan sejenak hingga meresap dan bisa kita gosok dengan lembut agar sel kulit mati bisa terangkat. Tentu saja hal ini akan membantu proses regenerasi.

Karena secara alami kulit akan mengalami generasi setiap 30 hari sekali dan jika sel kulit mati yang menempel sebelumnya tidak dibersihkan maka akan mempersulit pembentukan regenerasi sel.

Ini Rekomendasi Eksfoliasi Sesuai Jenis Kulit

Kulit Berminyak

Cara melakukan exfoliate pada jenis skin berminyak adalah dengan memilih eksfoliator kimia berbahan salicylic acid dan BHA. Selain itu juga bisa menggunakan scrub wajah saat tidak berjerawat.

Jika sedang berjerawat bisa melakukan scrubbing di area yang tidak ada jerawat.
Sangat disarankan melakukan eksfoliasi wajah setiap 2-3 seminggu.

Kulit Kering

Skin yang kering disarankan menggunakan eksfoliator kimia berbahan AHA. Seperti eksfoliator bertekstur lotion dengan tambahan pelembab atau yang berbahan dasar madu.

Bahan tersebut bermanfaat untuk membantu pengelupasan kulit mati dan kusam secara alami dan membantu tetap terhidrasi. Lakukan eksfoliator 1-2 kali seminggu.

Kombinasi

Jenis kombinasi bisa menggunakan eksfoliator berbahan kimia AHA dan BHA dan face scrub pada area berminyak. Karena masalah kombinasi cenderung kompleks jadi treatment juga agak banyak.

AHA dan BHA seperti salicylic acid, lactic acid paling efektif dalam mengatasi malah kombinasi. Kandungan-kandungan tersebut tidak hanya membersihkan minyak dan menyapu sel kulit mati saja tapi juga bisa memperbaiki tekstur kulit dan mengatasi bekas jerawat.Eksfoliator bisa kita lakukan setiap 2-3 kali seminggu.

Normal

Skin normal bisa menggunakan semua jenis eksfoliator baik kimia ataupun scrub tetapi jangan berlebihan karena mengakibatkan eksfoliator tidak berkerja maksimal.

Eksfoliator bisa kita lakukan 1-2 kali seminggu.

Kesimpulan

Beda jenis kulit maka akan beda treatment eksfoliasinya. Jadi meski exfoliate baik untuk tapi salah produk akan membuat skin jadi bermasalah. Exfoliate ini tidak kita lakukan setiap hari. Minimal 1-3 kali seminggu sesuai masalah kulit yang kita alami.

Sangat kita sarankan berkonsultasi dengan dokter atau spesialis yang berkompeten ya agar hasil dari treatment ini tepat dan sesuai yang kita inginkan yaitu kulit cerah, glowing, sehat dan fresh sepanjang hari.

Terimakasih telah membaca artikel kami dengan judul “Rekomendasi Eksfoliasi Sesuai Jenis Kulit”.

Jangan lupa baca artikel-artikel lain kami ya. Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.

Check Also

langkah menggunakan kondisioner

Tahap Pemakaian Kondisioner yang Tepat Pada Rambut

ERUDISI.com – Salah satu rahasia rambut lembut dan sehat adalah pemakaian kondisioner yang tepat dan …