Faktor yang Mempengaruhi Kepribadian Seseorang No ratings yet.

Erudisi.com – Setiap individu memiliki kepribadiannya masing-masing dan kepribadian merupakan ciri pembawaan dan pola kelakuan seseorang yang khas bagi pribadi itu sendiri atau kita bisa menyebutnya ciri khas dari setiap orang.

Kepribadian dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal yang berbeda-beda. Faktor inilah yang membentuk setiap individu memiliki kepribadian berbeda-beda.

Namun secara garis besar pembentuk kepribadian seseorang, dibedakan menjadi faktor internal dan eksternal.

1. Faktor internal

Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari diri sendiri. Biasanya faktor ini adalah faktor bawaan dari orang tua maupun dari faktor bawaan genetis dari silsilah keluarga.

Sifat pembawaan yang menurun itu antara lain sifat pemarah yang dimiliki oleh ayah bukan tidak mungkin akan menurun kepada anak-anaknya.

2. Faktor eksternal

Selain faktor dari dalam diri manusia itu sendiri, kepribadian juga dipengaruhi oleh faktor luar atau faktor eksternal yang berasal dari dari luar diri. Faktor ini biasanya muncul dari lingkungan yang mempengaruhi individu tersebut.

Faktor eksternal ini biasanya berasal dari lingkungan terkecil di mana orang tersebut tinggal, misalkan keluarga, teman, tetangga, dan juga pengaruh dari apa yang dilihat dan didengar baik dari audio maupun visual, Seperti televisi, film, koran, buku dan apapun yang dia lihat dan dia baca.

✔ Populer :  Definisi dan Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan Menurut Crow and Crow serta Manfaatnya bagi Pendidik

Seorang tidak dibentuk hanya dari satu faktor saja. Tidak bisa seorang terbentuk dari faktor internal saja atau dan faktor eksternal saja.

Oleh sebab itu orang tua harus berperan aktif dalam menyeleksi dan menyortir tentang apa yang dibaca oleh anak-anaknya, karena anak belum bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Apa yang ia lihat akan ditiru dan diduplikasi oleh mereka dan akan ikut berperan membentuk kepribadian mereka.

Untuk membentuk kepribadian yang baik sangat dibutuhkan peran aktif dari orang tua dalam membimbing dan mendidik anaknya untuk menjadi pribadi yang berkarakter, berdisiplin dan berakhlak baik.

Beri Kami Bintang