Fungsi Alt Image dan Cara Penggunaan Alt Image

Alt image digunakan pada konten halaman sebuah blog atau website. Dengan memaksimalkan elemen alt image diharapkan akan menarik lebih banyak perhatian pengunjung dan mesin pencari. Sehingga pintu masuk ke sebuah website tidak hanya dari judul atau isi konten namun juga dari alternatif text yang ada pada gambar konten tersebut.

Apa fungsi alt image?

Alt image tag adalah alternatif text atau teks yang menjelaskan sebuah gambar. Kenapa harus dijelaskan dalam sebuah tulisan? karena mesin crawler membaca gambar dalam bentuk text. Dengan adanya alt image maka robot crawler akan lebih mudah melakukan identifikasi dan mengindeks gambar / foto tersebut berdasarkan text alternatif yang kita buat dibandingkan text dengan kode-kode yang membingungkan.

As the Googlebot does not see the images directly, we generally concentrate on the information provided in the “alt” attribute – google webmaster

Sekarang coba kita lihat implementasi dari alt image ini di salah satu artikel erudisi. Ketikkan kata kunci di google “mempercepat masa propagasi”. Anda akan melihat salah satu artikel dari erudisi di halaman pencarian google bagian web juga dibagian image karena saya memasukkan kata kunci di alt image. Sekarang ketikkan kata kunci “cara flush cache dns di mikrotik”, anda mungkin tidak akan mendapatkannya di tab web tapi anda akan menemukan bagian halaman pencarian image untuk artikel yang sama. Sehingga kemungkinan untuk artikel tersebut ditemukan oleh pengunjung lebih besar.

Cara mesin crawler membaca gambar

Sekarang akan kita lihat contoh sebuah gambar di bawah ini dengan sebuah tool.

Screeshot di atas merupakan sebuah gambar original yang diambil dengan kamera Canon EOS 5D Mark II. Gambar pertama merupakan informasi yang tersembunyi di dalamnya. Gambar kedua adalah ribuan kode-kode yang membentuk gambar tersebut.

Mesin crawler dapat mengenali gambar tersebut apabila kita melakukan pencarian dengan metode input gambar. Akan tetapi robot crawler akan kebingungan ketika kita mengetikkan sebuah kata kunci misalnya “fungsi alt image” karena di dalam kode tersebut tidak ada text atau tulisan fungsi alt image. Sehingga gambar tersebut tidak akan muncul di halaman pencarian dengan kata kunci fungsi alt image.

Cara menambahkan alt image di sebuah artikel

Peletakan alt image di Blogspot

Masukkan gambar ke dalam artikel di blogspot dengan menekan tombol image, pilih gambar dan add ke dalam artikel. Setelah itu isi kolom title text dengan judul gambar dan isi alt image dengan penjelasan gambar berikut kata kuncinya.

Peletakan alt image di Wordpress

Seperti yang terlihat pada gambar diatas. Untuk menambahkan sebuah gambar pada artikel, klik tambahkan media lalu pilih gambar yang diinginkan. Kemudian masukkan alt image beserta kata kunci artikel anda.

Kesimpulan

Tulisan pada kolom alt image baik di blogspot maupun wordpress jangan diisi hanya dengan kata kunci tapi buat seperti seperti anda membuat judul artikel dengan menambahkan kata kunci. Maksudnya ketika anda membuat alt image usahakan keterangan yang memudahkan mesin pencarian memunculkan gambar anda dari hasil ketikan kata kunci para pengunjung di halaman pencarian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here